Apa yang anda ketahui tentang Beruang Berkacamata?

Beruang berkacamata

Beruang berkacamata (Tremarctos ornatus) juga disebut beruang andes adalah beruang endemik Amerika Selatan. Dalam bahasa setempat, hewan ini disebut jukumari (Aymara), ukumari (Quechua) atau ukuku. Hewan ini merupakan satu-satunya spesies beruang yang masih hidup dari subfamili Tremarctinae dan satu-satunya spesies beruang endemik Amerika Selatan.

Bulunya berwarna hitam namun ada juga individu yang warna bulunya coklat hingga kemerahan. Beruang berkacamata jantan memiliki berat 100–200 kg sementara beruang betina memiliki berat 35–82 kg. Panjang beruang berkacamata dari kepala adalah 120–200 cm walau individu jantan biasanya memiliki tinggi tidak sampai 150 cm.

Dinamakan Spectacled bear (beruang berkacamata), kerena pada bagian matanya dikelilingi bulu dengan warna berbentuk lingkaran, seperti sedang memakai kacamata. Hewan ini berukuran sedang dan habitat aslinya berada di Amerika Selatan.

Walaupun makanan utamanya adalah daging segar, namun tubuhnya beradaptasi dengan lingkungan setempat, tidak sebesar beruang Amerika lainnya. Bulunya berwarna hitam, namun beberapa diantaranya ada yang berwarna coklat dan merah keabu-abuan. Mereka menghuni hutan di pegunungan Andes, khususnya wilayah barat pegunungan tersebut.