Apa yang anda ketahui tentang Benua Australia ?

Australia berasal dari kata australis yang dalam bahasa Latin berarti selatan. Negara ini dalam ragam percakapan sering disebut sebagai Oz sejak awal abad ke-20. Aussie adalah istilah percakapan bagi “orang/bangsa Australia”.

Legenda-legenda tentang Terra Australis—“tanah asing di Selatan”—berasal dari zaman Romawi, dan merupakan tempat yang lumrah dalam geografi abad pertengahan, meskipun tidak berdasarkan pada pengetahuan benua terdokumentasi manapun. Temuan bangsa Eropa berikutnya, nama-nama untuk daratan luas Australia seringkali dirujuk sebagai Terra Australis yang masyhur.

Apa yang anda ketahui tentang Benua Australia ?

Benua terkecil di dunia ini menorehkan sejarahnya lewat catatan orang Inggris yang suka berkelana.

Dalam riwayatnya, sejarah Australia menjadi bagian terpenting perjalanan hidup seorang James Cook.

Seorang bernama James Cook, pelaut yang sering berkeliling dunia, menemukan benua Australia pada 1770-an.

Ia lalu menamainya New South Wales. Nama itu diambil dari anggota Britania Raya, Wales, sebuah negara merdeka, namun tetap berada di bawah naungan Kerajaan Inggris.

Sejarah Australia kemudian berlanjut ketika penemuan James Cook itu menjadi buah bibir di Inggris dan menimbulkan berbagai ide untuk memanfaatkannya.

Salah satu yang kemudian terealisasi adalah mengirimkan para narapidana di Inggris karena kondisi penjara di negara itu semakin sesak. Australia dianggap menjadi solusi.

Sebuah tempat baru yang luas, dan cocok sebagai daerah buangan para pelaku kejahatan.

Dilihat dari ceritanya, sejarah Australia memiliki sisi kelam. Tanah yang belum terjamah oleh banyak orang, yang mulanya menawarkan banyak keindahan kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang Inggris sebagai pembuangan para narapidana. Sungguh sebuah peristiwa besar dalam sejarah Australia.

Jika saja, orang Inggris tidak bertindak sesuka hati dengan mengirimkan para tahanan di tanah yang jelas-jelas bukan miliknya, penduduk Australia mungkin tidak akan jauh berbeda dengan penduduk Indonesia. Bahasa yang mereka gunakan pun tidak berbeda jauh dengan bahasa kita.Tapi, sejarah Australia memang sudah ditakdirkan untuk berjalan seperti itu.