Apa yang anda ketahui tentang Benteng Oranje Ternate?

Benteng Oranje

Benteng Oranje terletak di pusat kota Ternate dengan kondisi fisik bangunan yang masih berdiri kokoh sampai saat ini. Benteng Oranje dulunya pernah menjadi pusat pemerintahan tertinggi Hindia Belanda, yang di pimpin oleh Gubernur Jendral VOC Pieter Both, Laurenz Real, Herarld Reyist dan J.C Coum. Apa yang anda ketahui tentang Benteng Oranje Ternate ?

Benteng Oranje didirikan pada tanggal 26 Mei 1607 oleh Cornelis Matclief de Jonge dan diberi nama Benteng Oranje oleh Francois Wiltlentt pada tahun 1609 pada masa Pemerintahan Sultan Mudaffar. Benteng oranje ini semula berasal dari bekas sebuah benteng tua yang dibangun oleh Bangsa Portugis dan dihuni oleh orang Melayu sehingga dberi nama Benteng Melayu. Terletak di pusat Kota Ternate tepatnya di Kelurahan Gamalama yang beralamat di Jalan Hasan Boesoeri, Ternate Tengah, Ternate, Maluku Utara. Dengan letak yang strategis tersebut menjadikan benteng ini semakin mudah untuk dikunjungi para wisatawan.

Kini Benteng Oranje telah beralih fungsi menjadi lokasi wisata benteng di Ternate. Dulu yang lokasinya berada tepat disamping laut kini telah berada di tengah kota karena adanya reklamasi dan bagian depan benteng ini dibuat taman kota serta lokasi pertokoan.


Gambar Denah Benteng Oranje tertanggal tahun 1651

Denah Benteng Oranje tertanggal tahun 1917
Gambar Denah Benteng Oranje tertanggal tahun 1917


Gambar Bagian dalam Benteng Oranje di masa Hindia Belanda


Gambar Bagian luar Benteng Oranje di masa Hindia Belanda

Sumber : Benteng Oranje - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas