Apa yang anda ketahui tentang bakteri Streptococcus iniae ?

Bakteri Streptococcus iniae

Bakteri Streptococcus iniae merupakan bakteri patogen penyebab streptococcosis pada budi daya ikan nila yang banyak ditemukan di Indonesia. Streptococcosis dapat menyebabkan kematian lebih dari 50% populasi ikan dalam waktu tiga hingga tujuh hari setelah terinfeksi (Yuhana et al, 2011).

Selain itu kasus kematian massal ikan juga terjadi di Danau Maninjau Sumatra Barat pada akhir tahun 2008 juga disebabkan oleh penyakit Streptococcosis, akibat kematian massal ini telah menimbulkan kerugian pada petani ikan hingga mencapai Rp 200 milyar (Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatra Barat dalam.

Alternatif untuk pencegaha dan pengobatan penyakit ini adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami salah satunya bahan oba-tobatan alami yang berasal dari tumbuhan yang diketahui mengandung zat antibakteri salah satunya adalah buah mengkudu (Morinda citrifolia L).

Penggunaan antibiotik, vaksindan bahan-bahan kimia untuk pengendalian dan pengobatanpenyakit ikan telah banyak dicoba,namun sering kali kurang efektif karena penggunaan dosis yang tidak tepat, sehingga dapat menimbulkan resistensi bakteri patogen dan residu antibiotika pada ikan dan manusia yang mengonsumsinya (Irawan,2000 dalam Yuhana et al., 2011).