Apa yang Anda ketahui tentang bahasa R?


R adalah bahasa pemrograman dan perangkat lunak untuk analisis statistika dan grafik. R dibuat oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman di Universitas Auckland, Selandia Baru, dan kini dikembangkan oleh R Development Core Team, di mana Chambers merupakan anggotanya.

Apa yang Anda ketahui tentang bahasa R ?

R adalah bahasa dan lingkungan untuk komputasi statistik dan grafik. Ini adalah proyek GNU yang mirip dengan bahasa S dan lingkungan yang dikembangkan di Bell Laboratories (sebelumnya AT&T, sekarang Lucent Technologies) oleh John Chambers dan rekannya. R dapat dianggap sebagai implementasi yang berbeda dari S. Ada beberapa perbedaan penting, tetapi banyak kode yang ditulis untuk S berjalan tanpa diubah di bawah R.

R menyediakan berbagai macam statistik (pemodelan linier dan nonlinier, uji statistik klasik, analisis deret waktu, klasifikasi, pengelompokan, …) dan teknik grafis, dan sangat dapat diperluas. Bahasa S sering menjadi wahana pilihan untuk penelitian dalam metodologi statistik, dan R menyediakan rute Open Source untuk berpartisipasi dalam aktivitas itu.

Salah satu kekuatan R adalah kemudahan menghasilkan plot kualitas publikasi yang dirancang dengan baik, termasuk simbol dan formula matematika di mana diperlukan. Perhatian besar telah diambil atas default untuk pilihan desain minor dalam grafik, tetapi pengguna tetap memegang kendali penuh. R tersedia sebagai Perangkat Lunak Bebas di bawah ketentuan Lisensi Publik Umum GNU Yayasan Perangkat Lunak Bebas dalam bentuk kode sumber. Ini mengkompilasi dan berjalan pada berbagai platform UNIX dan sistem serupa (termasuk FreeBSD dan Linux), Windows dan MacOS.

R adalah rangkaian fasilitas perangkat lunak yang terintegrasi untuk manipulasi data, perhitungan, dan tampilan grafis. Itu termasuk fasilitas penanganan dan penyimpanan data yang efektif, seperangkat operator untuk perhitungan pada array, dalam matriks tertentu,
koleksi alat perantara yang besar, koheren, dan terintegrasi untuk analisis data,
fasilitas grafis untuk analisis data dan tampilan pada layar atau pada hardcopy, dan
bahasa pemrograman yang dikembangkan dengan baik, sederhana dan efektif yang mencakup kondisi, loop, fungsi rekursif yang ditentukan pengguna dan fasilitas input dan output.
Istilah “lingkungan” dimaksudkan untuk menggambarkannya sebagai sistem yang sepenuhnya terencana dan koheren, bukan pertambahan alat yang sangat spesifik dan tidak fleksibel, seperti yang sering terjadi dengan perangkat lunak analisis data lainnya.

R, seperti S, dirancang dengan bahasa komputer yang sebenarnya, dan memungkinkan pengguna untuk menambahkan fungsionalitas tambahan dengan mendefinisikan fungsi baru. Banyak dari sistem itu sendiri ditulis dalam dialek R, yang membuatnya mudah bagi pengguna untuk mengikuti pilihan algoritmik yang dibuat. Untuk tugas-tugas yang intensif secara komputasi, C, C ++ dan kode Fortran dapat dihubungkan dan dipanggil pada saat run time. Pengguna mahir dapat menulis kode C untuk memanipulasi objek R secara langsung.

Banyak pengguna menganggap R sebagai sistem statistik. Kami lebih suka menganggapnya sebagai lingkungan di mana teknik statistik diterapkan. R dapat diperpanjang (dengan mudah) melalui paket. Ada sekitar delapan paket yang disediakan dengan distribusi R dan banyak lagi tersedia melalui keluarga CRAN situs Internet yang mencakup berbagai statistik modern.

R memiliki format dokumentasi mirip-LaTeX sendiri, yang digunakan untuk memasok dokumentasi komprehensif, baik secara online dalam sejumlah format maupun dalam bentuk cetak.

Ringkasan

https://www.r-project.org/about.html