Apa yang anda ketahui tentang Argumentasi Achilles atau Achilles Argument of Zeno?

Achilles Argument of Zeno atau Achilles Paradox, merupakan teori yang digagas oleh Filsuf Yunani Zeno dari Elea (awal abad ke-5 SM), yang merupakan penulis / pencetus sofisme (yaitu, argumen atau bentuk penalaran yang cerdik dan masuk akal)

Achilles Argumen of Zeno , yang disebut argumen Achilles, adalah teori yang membuktikan bahwa “motion” itu adalah hal yang mustahil .

Menurut argumen tersebut, Achilles (yang merupakan pelari tercepat) tidak akan pernah bisa menyalip kura-kura (yang merupakan hewan yang bergerak paling lambat) jika kura-kura memiliki start yang sangat pendek. Alasan di balik argumen ini adalah karena jarak di antara mereka terdiri dari rangkaian bagian yang tak terbatas, dan ketika Achilles, dengan melintasi salah satu bagian ini, sampai pada tempat kura-kura itu berada, yang terakhir akan selalu melangkah lebih jauh.

Variasi dari paradoks filosofis “Achilles-tortoise” Zeno yang terkenal adalah argumen paradoks bahwa panah yang ditembakkan dari busur tidak akan pernah benar-benar mencapai targetnya karena, secara teoritis, target akan selalu hilang hanya setengah dari jarak yang ada pada saat tertentu.

Lihat juga : PROBLEM-SOLVING AND CREATIVITY STAGE THEORIES.

Referensi : J.E. Roeckelein, 2006, Elseviers’s Dictionary of Psychological Theories, Elsevier B.V.

Referensi : Baldwin, J. M. (Ed.) (1901-1905). Dictionary of philosophy and psychology . New York: Macmillan.