Apa yang Anda ketahui tentang anjing dalam olahraga dan pelayanan?

Apa yang Anda ketahui tentang anjing dalam olahraga dan pelayanan?

Apa yang Anda ketahui tentang anjing dalam olahraga dan pelayanan?

1 Like

Kebanyakan anjing secara alami gemar mengejar dan berlari, dan orang-orang di seluruh dunia belajar sejak dini tentang bagaimana memanfaatkan kecenderungan ini untuk berburu dan olahraga. Kecerdasan anjing juga telah terbukti lebih dari banyak tuntutan terhadap anjing sebagai mitra kerja. Sebagian besar ingin menyenangkan dan siap mengambil tugas sebagai wali, penggembala, pemandu, pelacak, dan bahkan pembantu rumah tangga bagi pemiliknya.

Orang-orang primitif menggunakan anjing untuk membantu mereka menangkap makanan tetapi seiring bangkitnya peradaban, berburu dengan anjing dikembangkan menjadi olahraga juga, meski biasanya hanya untuk anggota masyarakat yang lebih kaya. Lukisan sejak 3.000 tahun yang lalu menggambarkan masyarakat Mesir Kuno berburu bersama anjing, sangat mirip dengan beberapa anjing pengintai bertelinga besar saat ini. Pada abad pertengahan di Eropa, berburu dengan berbagai jenis anjing adalah aktivitas yang disukai raja dan bangsawan pemilik tanah. Anjing berjalan cepat, menyerupai anjing greyhound modern dan harriers, dikirim setelah pertandingan yang lebih kecil tapi pemburuan berbahaya seperti beruang dan babi hutan diperlukan anjing yang lebih besar.

Pada abad-abad berikutnya, ras anjing pemburu berkembang menjadi lebih dikenali, seperti anjing pelacak, staghound, dan anjing pelacak lainnya. Permainan berburu dengan anjing sekarang menjadi ilegal di beberapa negara, tetapi kepuasan dari pengejaran hidup memiliki jejak tersendiri. Berburu dengan anjing sangat memiliki peran khusus sehingga dikembangkan ketika penemuan senjata mengarah pada pertumbuhan olahraga permainan menembak unggas air dan burung seperti burung dan belibis. Di antara keturunan anjing yang masih dibesarkan dan dilatih sampai hari ini adalah pointer dan setter yang mengarahkan senjata ke target mereka, orang Spanyol bekerja di semak belukar untuk menyiram permainan, dan memungut kembali burung yang jatuh.

Anjing Olahraga (Pemburu)

Berburu bukanlah satu-satunya cara manusia menggunakan anjing untuk hiburan mereka sendiri. Salah satu yang paling awal, dan paling banyak, “hiburan” adalah pertarungan, dimana anjing yang kuat, seperti mastiff pernah terlihat di arena Roma Kuno, ditetapkan melawan beruang, lembu jantan, dan kadang-kadang satu sama lain. Pertempuran itu berdarah, dan kemenangan bagi satu pejuang berarti kematian atau mutilasi untuk yang lain.

Orang-orang telah menemukan banyak cara lain menggunakan anjing dalam olahraga, diantaranya uji coba kecepatan adalah yang paling bertahan lama. Coursing (pemburuan kelinci), dimana kompetisi berpasangan kecepatan anjing mengintai seperti Greyhound, Whippets, atau Salukis dikirim untuk memburu kelinci yang populer selama hampir 2.000 tahun sebelum menjadi ilegal di sebagian besar negara Eropa. Balapan greyhound telah menarik banyak orang selama ratusan tahun dan sejak abad 20 beberapa ras paling menantang dalam kecepatan dan daya tahan pernah ikut dalam tim kereta luncur anjing. Peranakan anjing di cuaca dingin seperti Anjing Greenland dan Husky Siberia - bersaing lebih dari ratusan mil di wilayah utara yang keras.

Anjing Pelayan

Lain halnya dari pekerjaan awal, anjing dalam pelayanan manusia adalah penjaga dan penggembala ternak, dan tradisi ini berlanjut di banyak bagian dunia. Pekerja pastoral sulit tenang saat beruang dan serigala hidup. Ras anjing yang begitu besar dan kuat memiliki naluri melindungi, seperti anjing gembala berlapis tebal masih terlihat di Eropa timur, dikembangkan untuk berurusan dengan predator berbahaya dalam menjaga hewan ternak.

Memanfaatkan kekuatan anjing terkadang diambil secara harfiah, dengan anjing yang lebih besar digunakan sebagai perancang hewan, apakah untuk mengangkut kereta luncur es kutub, menarik kereta susu, atau mengangkut anak-anak kecil untuk naik perangkap. Bahkan di masa lalu kadang-kadang anjing kecil digunakan untuk memberikan kekuatan motif.

Anjing telah berperang selama berabad-abad, dan dalam Perang Dunia I dan II mereka ditugaskan untuk membawa pesan, pertolongan pertama, dan amunisi melintasi zona terlarang. Hari ini anjing dilatih untuk mengendus perangkat peledak, hal ini sangat membantu anggota angkatan bersenjata. Kemampuan seekor anjing dalam masalah juga terbukti membantu polisi dan pasukan keamanan. Anjing pelacak menyalak dan mengejar tersangka yang melarikan diri, dan anjing yang dilatih khusus juga tak ternilai dalam pekerjaan seperti mendeteksi narkoba atau menemukan korban yang
selamat di area bencana.

Selain itu, anjing juga sering membuat kehidupan di rumah lebih mudah. Suku Aztec Kuno menggunakan anjing tak berbulu sebagai botol air panas (hot-water bottles) pada malam yang dingin tetapi di dunia modern anjing terkadang harus lebih aktif. Anjing pemandu membantu orang yang memiliki gangguan penglihatan dengan aman mampu mengatasi bahaya seperti lalu lintas dan tangga. Banyak penyandang cacat atau penyakit lainnya juga bergantung pada anjing yang dilatih untuk melakukan tugas-tugas seperti memberi peringatan akan datangnya kejang epilepsi atau bahkan memuat mesin cuci. Di rumah sakit, rumah perawatan, dan panti jompo, anjing dipilih dengan hati-hati karena temperamennya yang ramah dimasukkan untuk memberikan kenyamanan dari gangguan, dan layanan mereka sebagai bentuk terapi yang sangat nyata hingga diakui secara luas.

Referensi

Kindersley, Dorling. 2013. The Dog Encyclopedia. DK books.