Apa yang anda ketahui tentang anatomi gigi?

Gigi

Gigi merupakan salah satu jaringan keras tubuh yang terdiri dari enamel/email, dentin dan sementum.

Struktur gigi pada manusia terbagi dalam dua bagian yaitu bagian mahkota dan bagian akar. Pada bagian mahkota merupakan bagian gigi yang terlihat dalam mulut, sedangkan pada bagian akar merupakan bagian yang tertanam di dalam tulang rahang.

Anatomi Gigi
Gambar Anatomi Gigi

Struktur gigi terdiri atas :

  1. Mahkota gigi, merupakan bagian yang menonjol dari rahang.

  2. Enamel, merupakan jaringan yang berfungsi untuk melindungi tulang gigi dengan zat yang sangat keras yang berada di bagian paling luar gigi manusia. Enamel merupakan bagian gigi yang paling keras. Enamel melapisi mahkota gigi dan mempunyai ketebalan yang bervariasi mulai bagian puncak mahkota dan akan semakin menipis ketebalannya pada dasar mahkota, tepatnya pada perbatasan mahkota dengan akar gigi.

    Warna email gigi pun sebenarnya tidak putih mutlak, kebanyakan lebih mengarah keabu-abuan dan semi translusen. Kecuali pada kondisi enamel yang abnormal seringkali menghasilkan warna yang menyimpang dari warna normal enamel dan cenderung mengarah ke warna yang lebih gelap. Semakin menuju ke bagian dalam dari enamel, kekerasannya akan semakin berkurang. Bagian ini yang menjadi awal terjadinya lubang pada gigi, karena sifatnya mudah larut terhadap asam, dan kelarutannya juga meningkat seiring dengan semakin dalamnya lapisan enamel.

  3. Dentin, yaitu tulang gigi merupakan lapisan yang berada pada lapisan setelah email yang dibentuk dari kalsium. Dentin juga merupakan bagian yang terluas dari struktur gigi, meliputi seluruh panjang gigi mulai dari mahkota hingga akar. Dentin pada mahkota gigi dilapisi oleh enamel, sedangkan dentin pada akar gigi dilapisi oleh semen.

  4. Pulpa, merupakan rongga yang di dalamnya terdapat pembuluh darah kapiler dan serabut-serabut syaraf.

  5. Leher gigi, merupakan bagian yang terletak antara mahkota dengan bagian akar gigi.

  6. Akar gigi merupakan bagian yang tertanam di dalam rahang.

  7. Sementum merupakan bagian dari akar gigi yang berdampingan dan berbatasan langsung dengan bagian tulang rahang di mana gigi manusia tumbuh. Seperti halnya pada bagian email yang melapisi dentin, semen juga melapisi dentin namun untuk dentin pada bagian akar gigi. Sementum ini secara normal tidak tampak dari pandangan kita, namun tertutup oleh tulang dan dilapisi oleh gusi.

    Pada beberapa kondisi abnormal, sementum akan tampak. Semua struktur jaringan keras gigi akan berintegrasi membentuk struktur yang lebih kuat.

  8. Tulang alveolar, adalah tulang yang membentuk dan menyokong soket gigi.

  9. Saluran akar, merupakan ruang gigi yang terdiri dari ruang pulpa (di dalam bagian koronal gigi), kanal utama, dan cabang anatomi yang lebih rumit yang dapat menghubungkan saluran akar satu sama lain atau ke arah permukaan akar.

  10. Foramen apikal, merupakan saluran sempit yang dilalui oleh pembuluh darah penyuplai pulpa.

anatomi gigi manusia secara struktural dibedakan menjadi beberapa bagian, mulai dari bagian gig yang tampak dan bagian gigi yang tidak tampak atau terpendam di bawah gusi. Bagian yang tampak adalah mahkota gigi. Sedangkan yang terpendam adalah leher dan akar gigi. Berikut beberapa penjelasannya.

  • Mahkota gigi
    Bagian yang nampak adalah bagian mahkota gigi atau yang juga disebut dengan korona. Bagian ini berada di atas gusi dan yang bertugas untuk menghaluskan makanan. Seperti yang dijelaskan di atas, setiap macam gigi memiliki bentuk mahkota gigi yang berbeda. Gigi seri lebih pipih jika dibandingkan dengan gigi geraham. Demikian juga dengan gigi taring yang mahkotanya memiliki bentuk yang lebih runcing dari gigi yang lain.

  • Leher gigi
    Leher gigi atau kolum adalah bagian struktural dari gigi yang terpendam di gusi. Leher gigi adalah bagian yang berada di bawah mahkota gigi dan merupakan batas antara akar gigi dengan mahkota gigi. Bagian ini bisa jadi terekspose jika gusi mengalami penurunan.

  • Akar gigi
    Bagian terakhir dari anatomi gigi manusia adalah akar gigi atau yang sering disebut sebagai radiks. Radiks adalah bagian terbawah dari gigi dan tertanam di rahang. Akar gigi juga menacap pada tulang rahang. Jumlah akar gigi berbeda pada setiap macam gigi. Seperti yang dijelaskan di atas, akar gigi berjumlah 1 hingga 3, tergantung dari jenis giginya.

Sementara itu, anatomi gigi manusia juga disusun dari lapisan-lapisan yang perlu diketahui, seperti berikut ini.

  • Email
    Lapisan gigi yang paling luar adalah email gigi. Email adalah lapisan keras yang melapisi paremukaan gigi dan berada di bagian mahkota gigi. Email tersusun dari kalsium dan fungsinya adalah untuk melindungi bagian dalam dari struktur gigi.

  • Dentin
    Bagian dari anatomi gigi lainnya adalah dentin. Dentin gigi adalah lapisan atau jaringan yang tersusun dari materiap zat kapur. Warna dentin adalah kekuningan. Lapisan dentin ini posisinya adalah setelah email gigi.

  • Pulpa
    Bagian pulpa atau yang juga sering disebut sebagai rongga gigi, adalah bagian yang terisi dengan pembuluh darah dan serabut syaraf. Pembuluh darah berfungsi untuk memelihara seluruh bagian gigi. Sementara serabut syaraf berfungsi untuk mendeteksi tekanan, suhu (panas dan dingin), serta merangsang rasa sakit. Pembuluh darah dan serabut syaraf ini menjulur hingga ke akar gigi.

  • Sementum
    Bagian anatomi lainnya adalah sementum. Sementum adalah lapisan yang keras dan kuat yang melapisi akar gigi. Semen juga disebut sementrum. Lapisan ini ada pada akar gigi dan berbatasan langsung dengan tulang rahang. Rulang rahang iu sendiri adalah bagian tumbuhnya gigi.

sumber: https://halogigi.com/anatomi-gigi-manusia