Apa yang anda ketahui tentang alat musik tradisional Siter ?

Siter

Apa yang anda ketahui tentang alat musik tradisional Siter ?

Siter merupakan sebuah nama sebutan yang diyakini berasal dari bahasa Belanda, yaitu citer atau zhiter dalam bahasa Inggris. Alat musik siter adalah alat musik petik.

Senar alat musik ini dimainkan menggunakan ibu jari, sedangkan jari lainnya menahan getaran yang dihasilkan dari petikan senar tadi. Jari kedua tangan kita digunakan untuk menahan dan jari tangan kanan diposisikan dibawah senar, sedangkan jari tangan kiri berada di atas senar. Siter dan Celempung, kedua alat musik ini seperti sebuah pasangan yang sering dan memang merupakan instrumen khas dari Gamelan Siteran, dan gamelan lainnya.

Alat musik siter memiliki panjang kurang lebih 30 cm. Masing-masing memiliki 11 dan 13 pasang senar, direntang kedua sisinya di antara kotak resonator. Satu senar disetel dengan nada pelog dan senar lainnya dengan nada slendro.

Siter biasanya dimainkan bersama dengan celempung sebagai alat musik penerusan (alat musik yang dimainkan bersamaan) dan sebagai instrumen yang memainkan pola melodik berdasarkan balungan. Kecepatan dari permainan siter tergantung pada kecepatan permainan gambang.

Jika dilihat dari pokok sebuah gendingnya, Fungsi utama dari alat musik tradisional siter adalah sebagai pengolah lagu itu sendiri. Siter memiliki nada yang lebih tinggi dibandingkan alat lainnya sehingga siter mampu untuk mengisi kekosongan di antara nada yang bisa di dengar oleh para penontonnya.

Siter juga mampu untuk memberikan petikan variasi yang terdengar unik dan membawa suasana ceria untuk para pendengarnya. Suaranya dapat mengimbangi permainan saron dan gong di dalam ansambel gamelan, Siter diibaratkan seperti nada trebel yang menghias nada bas yang sedang bermain.