Apa yang anda ketahui tentang alat musik tradisional Kethuk dan Kempul ?

Kethuk dan Kempul

Kethuk dan Kempul termasuk alat-alat musik gamelan. Ketuk dan kemul biasanya digunakan sebagai pengiring pada acara acara pementasan seni. Apa yang anda ketahui tentang alat musik tradisional Kethuk dan Kempul ?

Kethuk dan Kempul merupakan satu set instrumen jenis mirip gong berposisi horisontal, ditumpangkan pada tali yang ditegangkan pada bingkai kayu. Dalam memberi batasan struktur suatu gendhing, Kempul adalah instrumen kedua yang paling penting setelah gong. Kethuk dan Kempul adalah alat musik tradisional yang asalnya dari wilayah Jawa Tengah yang berfungsi untuk mengiringi suatu lagu namun gamelan jika tidak mempunyai kethuk dan Kempul maka rasanya terdengar hambar sama halnya sayur tanpa garam.

Di samping berfungsi menggaris-bawahi struktur gendhing, nada-nada Kethuk juga berhubungan dengan lagu gendhing; ia bisa memainkan nada yang sama dengan nada balungan; ia boleh juga mendahului nada balungan berikutnya untuk menuntun alun lagu gendhing; atau ia dapat memainkan nada berjarak satu kempyung dengan nada balungan, untuk mendukung rasa pathet.

Pada kenongan bergaya cepat, dalam ayaka yakan, srepegan, dan sampak, tabuhan kenong menuntun alur lagu gendhing-gendhing tersebut.

kempul adalah merupakan gong gantung yang ukurannya kecil.