Apa yang anda ketahui tentang alat musik tradisional calung ?

alat_musik

(kyuhyunpi) #1

Calung

Apa yang anda ketahui tentang alat musik tradisional calung ?


(pipirp) #2

Awal mula musik calung adalah berasal dari seorang anak yang mengusir burung di sawah. Anak tersebut menggunakan belahan bambu yang disebut kekeprak untuk mengusir burung. Akhirnya, potongan kekeprak ini yang menjadi awal alat musik calung.

Calung adalah alat musik Sunda yang merupakan prototipe (purwarupa) dari angklung. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara menabuh calung adalah dengan memukul batang (wilahan, bilah) dari ruas-ruas (tabung bambu) yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) pentatonik (da-mi-na-ti-la). Jenis bambu untuk pembuatan calung kebanyakan dari awi wulung (bambu hitam), namun ada pula yang dibuat dari awi temen (bambu yang berwarna putih).

Fungsi Calung


Calung merupakan salah satu benda yang selalu digunakan dalam upacara pertanian. Calung adalah alat yang disakralkan dan dalam memainkannya ada irama serta tembang tertentu. Selain itu juga, memainkan calung dipercaya dapat mencegah bala (musibah) dan juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit.

Fungsi alat musik calung yang mulanya calung dipentaskan untuk mengiringi upacara-upacara adat sunda sebagai ritual perayaan masyarakat Jawa Barat, dengan berkembangnya zaman, calung berubah fungsi menjadi alat musik yang manghibur masyarakat dengan menghasilkan harmoni yang indah.

Jenis Calung


Ada 2 jenis calung yang terkenal yakni calung rantay dan juga calung jinjing.

Calung Rantay memiliki 7 wilahan (ruas bambu) atau lebih yang tabungnya dideretkan dan diurutkan dari ukuran yang terbesar hingga terkecil. Cara memainkan Calung rantay adalah dengan dipukul dengan dua tangan sambil duduk sila. Calung jenis ini bisa anda temukan terikat di pohon atau bilik rumah di daerah Banjaran, Bandung.

Calung Jinjing terdiri dari 4 hingga 5 bambu, seperti Calung Gonggong (2 bambu), Calung Jongrong (5 bambu), Calung Panepas (5 bambu) dan Calung kingking (12 bambu). Cara memainkan Calung Jinjing adalah dengan cara dipukul menggunakan tangan kanan dengan alat pemukul dan tangan kiri memegang Calung.