Apa yang dimaksud dengan alat musik Suling Bambu?

Suling Bambu

Apa yang anda ketahui tentang alat musik Suling Bambu ?

Suling pada umumnya terbuat dari bambu. Secara fisik, suling yang terbuat terbuat dari bambu memiliki 6-7 lobang nada pada bagian batangnya dan lubang pemanis (song manis) pada bagian ujungnya.

Suara yang diciptakan Suling sangatlah halus dan sangat cocok bila dipadukan dengan alat musik tradisional lain.

Berikut keunikan alat musik suling bambu:

  1. Suara dan aura bunyinya khas.
  2. Dapat di-orkestrasi dengan sekian puluh, ratus atau ribu pemain dan sangat unik karena sebuah Orkestra yang tidak dimainkan dengan Instrumen Barat, tapi dimainkan dengan instrumen yang didominasi oleh suling bambu
  3. Suara suling bambu dapat meliuk-meliuk dengan cengkok dan warna bunyi yang sangat khas dan alamiah

Secara garis besar cara meniup Suling ada 3 macam yaitu,

  1. Tiupan lembut untuk membunyikan nada-nada rendah.
  2. Tiupan sedang untuk membunyikan nada-nada sedang.
  3. Tiupan keras untuk membunyikan nada-nada tinggi.

Dalam fungsinya, suling hanya menjadi instrumen pelengkap dalam arti bisa dipergunakan ataupun tidak sama sekali. Terjadinya perkembangan fungsi suling tersebut merupakan salah satu fenomena yang sangat menarik dimana suling yang pada awalnya memiliki fungsi sekunder yaitu instrumen pendukung, berkembang menjadi instrumen primer yaitu instrumen utama.

Seruling merupakan sejenis alat tiup yang awalnya terbuat dari bambu yang memiliki 8 lubang, namun kini seruling modern ada yang terbuat dari logam aluminium dan plastik. Alat musik ini populer di china,walaupun sederhana tetapi alat musik ini sudah ada kira-kira 4.500 thn yang lalu,mulai abad ke-7 tehnik permainan seruling berkembang pesat hingga abad ke-10 serulingpun menjadi alat musik instrumen utama dalam orkestra opera kalangan rakyat dan opera etnik minoriti di China.

Suling adalah suatu alat musik yang jenis getaran bunyinya bersumber dari udara dalam jalur ruangan (Monthe, 1982). Menurut Halilintar Latief dalam bukunya Study Eksploratif Aerofon alat musik trdisional sulawesi selatan, Suling adalah alat musik berupa tabung dengan sumber bunyi yang dilengkapi dengan lubang-lubang jari yang berfungsi sebagai pengatur tinggi nada. (Halilintar Latief, 1995).

Seruling adalah nama umum di Indonesia untuk berbagai jenis alat tiup yang berbentuk pipa dengan sejumlah lubang penjarian. Ada yang ditiup secra melintang dan ada juga yang membujur, serta dibuat dari bahan bambu, kayu dan logam/pralon (M.Soeharto, 1992).