Apa yang anda ketahui tentang Achmad Sadali?

Achmad Sadali merupakan salah seorang pelukis di Indonesia yang menekuni gaya seni lukis abstrak. Lalu, Apa yang Anda ketahui tentang Achmad Sadali?

Achmad Sadali

Achmad Sadali dilahirkan di Garut Wetan, 29 Juli 1924. Ia menempuh pendidikan seni rupa di ITB, di bawah bimbingan Ries Mulder. Ia kemudian memperoleh beasiswa dari Rockefeller Foundation untuk belajar ke Amerika Serikat di Iowa State University dan juga New York Art Students League, 1956-1957. Sekembali dari belajar di Amerika, Sadali mulai mengembangkan gaya seni lukisnya yang khas dalam corak abstrak yang kemudian dipadukannya dengan tema-tema spiritualitas dan mistisisme Islam. Ia menerima Anugerah Seni dari Pemerintah RI, 1972. Karya lukisnya pernah memenangkan hadiah utama pada Biennal Seni Lukis Nasional di tahun 1974 dan 1978.

Sebagai pelukis, Ahmad Sadali telah mengikuti berbagai macam pameran secara individu maupun kelompok, lingkup internasional maupun nasional, serta mendapat banyak penghargaan, beasiswa seminar dan beasiswa studi atau penelitian. Misalnya tahun 1964 Sadali pameran di “Arte Contemporance Indonesia”, Rio de Jeinero dan ia menjadi salah satu peserta pameran yang menarik tahun 1966 yaitu “Sebelas Seniman Bandung”. Meskipun sering dikenal sebagai pelukis bernuansa kaligrafi religius, Sadali juga membuat berbagai macam karya dalam berbagai rupa, misalnya: patung, mural, interior maupun grafik. Di samping sebagai pengajar dan pelukis, Sadali mempunyai kegiatan sosial kemasyarakatan yang luas. Ia menjadi salah satu inisiator berdirinya Perguruan Tinggi Islam (PTI) yang sekarang bernama Universitas Islam Bandung (UNISBA). Sadali di akhir hayatnya menjadi Ketua Umum Pembinaan Masjid Salman ITB. Ahmad Sadali meninggal di Bandung, 19 September 1987.