Apa yang anda ketahui tentan kucing Exotic Shorthair?

Kucing Exotic Shorthair

Apa yang anda ketahui tentan kucing Exotic Shorthair ?

Sejarah Kucing Exotic Shorthair

Kucing Exotic Shorthair


Kucing Persia pertama kali dikawinkan dengan kucing American Shorthair pada tahun 1950. Perkawinan antara kedua ras kucing tersebut menghasilkan kucing berwarna perak dan mata berwarna hijau seperti kucing Persia. Selain itu, hasil dari persilangan tersebut menghasilkan kucing yang berbulu pendek dan berwajah lucu. Pada saat itu, kucing ini dinamakan Sterling karena warna bulunya itu. Namun, seiring berjalannya waktu, kucing ini mengalami perkembangan, yaitu warna bulu kucing tidak hanya berwarna perak, tapi juga berwarna lainnya. Oleh karena itu, nama kucing ini diganti menjadi kucing Exotic Shorthair.

Perkawinan silang tidak hanya dilakukan antara kucing Persia dengan kucing American Shorthair, tetapi juga antara kucing Persia dengan Burmese, Russian Blue, dan British Shorthair. Perkawinan antara beberapa jenis kucing tersebut tidak diizinkan sejak tahun 1987. Yang diizinkan hanya perkawinan antara kucing Persia dengan kucing American Shorthair.

Kucing Exotic Shorthair ini pertama kali diakui oleh Cat Fanciers’ Association (CFA) pada tahun 1966. Kucing Exsotic ini sebenarnya tidak hanya kucing berbulu pendek saja. Ada kucing exotic yang memiliki bulu panjang. Namun, kucing yang berbulu panjang tidak diakui oleh CFA. Kucing Exotic bulu panjang diakui oleh TICA (The International Cat Association) sebagai ras kucing Persia.

Karakteristik Kucing Exotic Shorthair

Kucing Exotic Shorthair


Kucing Exotic Shorthair sejatinya sangat mirip dengan kucing Persia, hanya saja yang membedakannya hanya ukuran bulunya. Kucing ini memiliki bulu yang pendek, hidung pesek, berkepala bulat, dahi lebar, dan matanya bulat besar. Matanya memiliki beberapa warna, yaitu kuning, biru, tembaga, dan keemasan. Berat badannya hanya sekitar 3-6 kg. Selain itu, kucing ini juga memiliki tubuh yang pendek, kaki pendek, dan leher pendek. Sehingga, kucing ini terlihat sangat lucu seperti boneka.

Kepribadian

Kucing Exotic Shorthair


Kucing Exotic Shorthair ini memiliki perpaduan kepribadian antara kucing Persia dengan kucing American Shorthair. Kucing Exotic termasuk kucing yang pendiam. Bahkan dalam sehari, kamu mungkin hanya beberapa kali saja mendengar suara kucing ini. Tak hanya itu saja, kucing ini juga memiliki kepribadian yang sama dengan kucing Persia, yaitu manja. Kucing ini akan berusaha mengikuti kamu kemanapun kamu pergi. Kucing ini juga biasanya suka selalu didekat kamu. Bahkan kucing ini terkadang akan tidur disampingmu tanpa sepengetahuan kamu.

Kepribadian kucing Exotic yang diwarisi dari kucing American Shorthair adalah sifat suka bermain. Hal ini sangat berbeda dengan kucing Persia yang identik dengan sifat malasnya. Kucing Exotic akan kegirangan ketika kamu ajak main bersama.

Karakter kucing ini mudah bersahabat dengan siapa saja dan hewan apa saja mungkin lebih baik berada di lingkungan yang memiliki anggota banyak agar si kucing tidak merasa kesepian

Kucing ini sangat rewel jika ada pemiliknya. Ketika ditinggalkan oleh pemiliknya, kucing ini merasa tidak diperhatikan lagi dan ia akan sedih. bahkan ada beberapa yang sampai stress. Untuk itu, ketika anda akan pergi untuk waktu yang lama dan akan meninggalkan kucing sendirian, lebih baik menitipkannya pada tempat penitipan hewan.

Kucing Persia terkenal kucing yang pemalas, tapi berbeda dengan Kucing Exotic. Mereka memang suka dipangku, tapi juga cukup lincah dan playful. Kucing ras ini senang bersahabat dengan manusia dan kucing lainnya, bahkan dengan anjing. Kucing Exotic pilihan yang tepat untukmu yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah karena kucing ini senang diperhatikan. Ia juga cenderung lebih suka mengikuti salah seorang di rumahmu yang kerap mengajaknya bermain.

Perawatan

Kucing Exotic Shorthair


Perawatan Bulu

Bulu kucing ini tidak terlalu panjang dan tebal seperti yang dimiliki oleh persia. Jadi tidak ada perawatan ekstra yang dibutuhkan. Paling hanya perawan rutin setiap hari saja

Meskipun kucing exotic ini merupakan jenis kucing yang berbulu pendek akan tetapi kalian juga harus membuat bulu kucing exotic ini tetap indah dan lembut. Maka dari itu lakukan lah perawatan terhadap bulu kucing seperti menyisir, memandikan, menjemur, dll.

Selain membuat bulu kucing menjadi indah dan lembut, Melakukan penysiran secara rutin kepada kucing itu agar mencegah bulu yang dimiliki kucing terlalu banyak yang mati ( rontok ) atau menggumpal. Karena sekitar 30% waktu yang digunakan kucing untuk beraktivitas adalah menjilati tubuhnya sendiri ( grooming ).

Sepanjang tahun rambung yang di miliki kucing ini akan terjadi pergantian. Sedangkan untuk jumlah rambut yang dibuang melalui usus biasanya bisa mencapai 10 cm3 per hari yang terjadi pada kucing dengan berat badan 4 kg.

Perawatan Kandang

Salah satu tips melakukan perawatan pada kucing yaitu membersihkan kandang yang di tempati kucing. Jika anda malas untuk membersihkan kandang kucing maka hal itu akan menyebabkan kucing mudah terkena penyakit. Penyakit itu bisa berasal dari kotoran kucing yang menumpuk di kandang kucing sehingga menyebabkan bau tak sedap yang dapat menyebabkan bakteri berkembang biak dengan sangat cepat di tempat tersebut.

1 Like