Apa yang Anda ketahui pada sifat biologi anjing saat menstruasi?

Apa yang Anda ketahui pada sifat biologi anjing saat menstruasi ?

Apa yang Anda ketahui pada sifat biologi anjing saat menstruasi ?

2 Likes

Sifat merupakan bawaan sejak lahir. Sifat anjing dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu sifat biologi dan sifat non-biologi (khas). Dengan mengenal sifat anjing inilah, Anda dapat melakukan pemeliharaan dengan baik.

Secara biologi, anjing betina mempunyai siklus yang mirip dengan manusia, salah satunya adalah menstruasi. Menstruasi pada anjing betina dianggap wajar karena setiap anjing betina yang sehat pasti akan mengalaminya. Anjing betina yang tidak menstruasi pasti mengalami masalah, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena dapat diperiksa pada dokter hewan. Umumnya, anjing betina berukuran kecil mulai menstruasi sejak umur 6-12 bulan, sedangkan anjing betina berukuran besar pada umur 12-24 bulan. Anjing betina yang sehat dapat dipastikan setiap 6 bulan akan mengalami menstruasi, bahkan ada yang setiap 3-4 bulan.

Apabila anjing betina berumur 6-9 bulan belum mengalami menstruasi, janganlah panik karena segala kemungkinan bisa terjadi. Di daerah yang beriklim sangat dingin, menstruasi pada anjing akan terjadi pada umur setahun. Selain itu, kelambatan menstruasi juga dapat terjadi karena terlalu gemuk sehingga memengaruhi cara kerja metabolisme tubuh. Hormon yang tidak seimbang memengaruhi cara kerja metabolisme tubuh. Hormon yang tidak seimbang atau adanya infeksi pada serviks juga dapat menganggu menstruasi.

Pada umunya, masa menstruasi anjing betina berlangsung sekitar 21 hari, tetapi bukan mustahil pada menstruasi pertama terjasi lebih singkat. Bila menstruasi berikutnya masih singkat atau kurang dari 21 hari, hal tersebut disebabkan stimulus kelenjar kecil dalam otak anjing yang mengatur berbagai faal menghalangi terjadinya ovulasi.

Jangan anggap remeh masalah menstruasi anjing karena menstruasi yang terganggu pasti kesehatan anjingpun terganggu dan pemcakan tidak memungkinkan. Akibat lebih jauh ialah anjing betina tidak dapat melahirkan anak anjing.

Referensi

Sanusi, Sani. 2004. Mengenal Anjing. Bogor : Penebar Swadaya.