Apa yang Anda ketahui dengan Japan Mainichi Shimbun?

Japan mainichi shimbun adalah koran pertama yang bisa berubah menjadi pohon. Mainichi Shimbun adalah surat kabar nasional Jepang yang diterbitkan penerbit The Mainichi Newspapers. Harian ini terbit dua kali sehari, edisi pagi dan sore. Edisi pagi beroplah sekitar 4 juta eksemplar

Apa yang Anda ketahui dengan Japan Mainichi Shimbun ?

1 Like

Mainichi Shimbun menciptakan koran yang terbuat dari kertas daur ulang dan bisa tumbuh menjadi tanaman. Konsep ramah lingkungan ini disebut Green Newspaper atau surat kabar hijau. Inovasi koran hijau merupakan kerja sama antara Mainchi dengan Dentsu Inc yang berperan sebagai agen periklanan. Dikutip dari laman blookup.com, harian yang terbit dua kali sehari ini berdiri sejak tahun 1872 dan telah mencetak lebih dari 5 juta eksemplar.

Surat Kabar Hijau tidak hanya mengurangi jumlah tumpukan sampah koran, melainkan juga dapat menjadi media bercocok tanam. Mainichi Shimbun memakai kertas bio-degradable atau kertas yang mampu terurai secara alami. Komponen kertas terdiri dari campuran air, rumput, biji-bijian, sayuran, dan aneka bunga seperti aster, poppy atau mawar.

Green Newspaper bukanlah inisiatif berkelanjutan pertama yang dilakukan oleh harian berusia 147 tahun ini. Komitmen Mainichi sudah terkenal berkat kampanye tentang donasi air untuk mengurangi ancaman kehausan. Ia tidak hanya hadir sebagai media surat kabar, tetapi juga bergerak untuk menyelamatkan permasalahan global, seperti dilansir pada laman lifegate.com.

Mainichi Shimbun mendapatkan untung besar dari inovasi tersebut. Ia menghasilkan empat juta kopi per hari dengan pendapatan sekitar 80 juta yen atau setara Rp 10 Miliar. Inisiatif ini juga melibatkan sekolah untuk meningkatkan kesadaran anak-anak tentang masalah lingkungan dan mengajarkan pentingnya daur ulang. Untuk mengurangi emisi karbon dioksida (CO2) yang dihasilkan oleh sistem pembuangan limbah tradisional, maka salah satu upayanya adalah mendaur ulang.

Cara untuk mengubah koran ramah lingkungan menjadi tanaman sangat mudah. Robek kertas koran Mainichi menjadi potongan-potongan kecil, tanam di tanah atau media yang sudah disiapkan, lalu siram. Dalam beberapa Minggu koran akan berubah menjadi tanaman baru.