Apa yang anda ketahu tentang ikan Mujair ?

Ikan Mujair

Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus) dikenal sebagai Mozambique tilapia atau kadang-kadang secara tidak tepat disebut “Java tilapia”. Ikan mujair berukuran sedang, panjang total maksimum yang dapat dicapai ikan mujair adalah sekitar 40 cm. Bentuk badannya pipih dengan warna hitam, keabu-abuan, kecoklatan atau kuning.

Apa yang anda ketahu tentang ikan Mujair ?

Berikut ciri utama ikan mujair:

  1. Mujair merupakan ikan yang hanya bisa tumbuh dengan panjang badan hingga 40 cm. Jadi kalau panjangnya sudah mencapai 40 cm itu sudah tidak bertambah panjang lagi.

  2. Mujair biasanya memiliki ciri memiliki 15-17 duri (tajam) pada sisirp punggung dan 10-13 jari-jari (duri berujung lunak); dan sirip dubur (anal) dengan 3 duri dan 9-12 jari-jari. Ukuran panjang Sirip mencapai 0,5-1 cm bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhan bobot dan panjangnya.

  3. Saat bertelur ikan mujair menimpan telur yang telah di buahi di dalam mulut. Hal ini dilakukan untuk melindungi telur dari ikan lain.

  4. Ikan mujair merupakan predataor telur yang sangat berbahaya jika di tempatkan sama dengan ikan lain. Sebab ikan mujair bisa menghabisi telur ikan lain dalam sehari. Sehingga jika memelihara ikan mujair sebaiknya jangan digabung dengan ikan petelur lainya.

  5. Ikan mujair memiliki kecepatan pertumbuhan yang relatif cepat, tetapi setelah dewasa kecepatannya ini akan menurun. Ikan ini mulai berbiak pada umur sekitar 3 bulan, dan setelah itu dapat berbiak setiap 1½ bulan sekali.

  6. Jika dilihat dari bentunya ikan mujair memiliki tubuh gempal dan padat berisi. Ikan mujair biasanya telihat panjang kecil jika dibandingakan dengan ikan Nila.

  7. Jika dilihat dari bentuk sisiknya maka sisik ikan mujair berwarna kecoklatan, hitam dan agak abu-abu. dibagian kepala memiliki bentuk seperti kerucut dan mirip dengan kerabatnya yaitu ikan nila.

  8. Jika ditelisik pada bagian Mata, ikan mujair memiliki warna merah, agak kehitaman dan juga ada yang berwarna kecoklatan. Mata ikan mujair sama dengan ikan lainnya yaitu memiliki bentuk bulat, dan bagian tengah terdapat bundaran hitam. Selain itu, mata ikan akan ini terdapat lingkaran berwarna kekuningan, dan keputihan tergantung berapa lama umurnya. Makin tua ikan mujair mata akan semakin kuning dan mulai berwarna hitam.

  9. Dalam sekali beproduksi ikan mujair bisa menghasilkan keturunan sekitar 100-150 benih perekornya bahkan lebih tergantung kualitas induk betinanya. Untuk mengetahui bahwa ikan mujair sudah bisa di bijahkan maka organ reproduksi betina dan jantan keluar warna kekuningan dan putih bila dipencet.

  10. Bila anda memperhatikan bagian ekor dari ikan mujair maka akan berbentuk timbul dan persegi, warnanya tidak berbeda dengan warna siripnya, dan juga disokong oleh beberapa tulang. Selain itu, ikan ini memiliki sirip di bagian perutnya berwarna sama dengan ekor, tetapi lebih pendek.

Sumber: