Apa yang akan terjadi dan telah berubah di dunia pada tahun 2030 ?


(Rivandi Bonar) #1

image

Tidak ada orang yang bisa melihat masa depan, namun kita semua harus merencanakan dan menerkanya agar lebih siap menghadapi apa yang akan terjadi kedepannya. Rencana dan dugaan yang kita buat semuanya didasarkan pada pengetahuan dan pengalaman masa lalu kita dan dengan cara berpikir komputasi.

Jika Anda tidak ingin dibutakan oleh masa depan dan ingin merasa siap untuk apa pun tantangan hidup yang mungkin akan terjadi pada Anda, maka Anda harus dapat menguasai metode Thinking Ahead melalui pendekatan Computational Thinking.

Apa yang akan terjadi dan telah berubah di dunia pada tahun 2030 ?


(Muhammad Wildan Oktavian) #2

Tentu akan banyak hal yang berubah dalam 13 tahun kedepan. Untuk saat ini saja (2017) sudah banyak sekali perubahan terutama di bidang teknologi hanya dalam beberapa bulan saja. Bisa kita bayangkan sendiri bagaimana jika 13 tahun, mungkin dunia teknologi sudah dikuasai oleh AI (Artificial Intelligence). Hal ini didukung beberapa aspek, diantaranya saat ini sudah banyak perusahaan teknologi yang sedang mengembangkan AI sehingga jika dalam kurun waktu 13 tahun mungkin sudah ditemukan teknologi AI yang sempurna dan bisa menggantikan peran dari manusia di beberapa bidang.

Jadi kesimpulan atas pertanyaan anda menurut saya adalah dunia mungkin sudah dikuasai oleh Artificial Intelligence yang berperan menggantikan beberapa pekerjaan manusia serta teknologi yang digunakan manusia sudah jauh lebih canggih dari sekarang.


(Yunita Dwi Lestari) #3

Membicarakan tentang masa depan tidak akan pernah ada habisnya. Perkembangan teknologi akan terus berkembang seiring waktu. Dan inovasi-inovasi baru akan terus bermunculan. Tidak mungkin untuk meramalkan secara pasti bagaimana inovasi akan mengubah dunia pada tahun 2030. Namun tidak ada salahnya untuk memprediksikan apa yang akan terjadi di tahun 2030 dan mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi ancaman-ancaman yang akan muncul seiring berkembang pesatnya teknologi di masa mendatang.

Hal-hal yang mungkin akan terjadi di tahun 2030 :

  1. Pelayanan Kesehatan Akan Meningkat Drastis

    Hari ini, obat-obatan pribadi dibatasi untuk pasien dengan penyakit keras dan mematikan. Tidak begitu di masa depan, NIC (National Intelligence Council) berspekulasi: “perangkat diagnostik molekuler akan merevolusi obat dengan menyediakan cara cepat pengujian untuk penyakit genetik dan patogen selama operasi. Pengujian genetik yang tersedia akan mempercepat diagnosa penyakit dan membantu para dokter memutuskan pengobatan yang optimal bagi setiap pasien.” Setelah Anda memiliki potret yang akurat dari penyakit Anda, dokter akan memiliki alat-alat baru untuk mengobati berkat kemajuan dalam biologi sintetis. 2030, NIC memprediksi bahwa penggantian organ seperti hati dan ginjal dapat dikembangkan. Saat ini pun ginjal buatan sudah mulai untuk dikembangkan.

  2. Pendidikan Online Akan Meningkat dan Tersedia untuk Semua

    Tidak hanya populasi dunia yang mendapatkan akses ke platform digital setiap hari, kualitas pembelajaran online meningkat dengan cepat. Dalam 15 tahun, materi yang ditawarkan akan “sangat baik” daripada yang tersedia saat ini, dan semua tersedia melalui telepon. dan tablet.

    Pembelajaran online akan secara dramatis memperbaiki pendidikan di negara-negara berkembang dan hal ini akan memudahkan siswa dan guru untuk terhubung.
    Inovasi dalam pendidikan online akan menjadi sangat penting karena akan memainkan peran besar dalam membantu siswa belajar dan maju, serta mengatasi keterbatasan yang terkait dengan ukuran kelas.

  3. Internet menjadi hak dasar

    Saat ini manusia hampir tidak dapat lepas dari internet begitu juga dengan manusia yang akan hidup di tahun 2030. Segala lini kehidupan dari sosial, komunikasi, pekerjaan, bisnis, belanja, pemerintahan, berita, hingga kebutuhan sehari-hari akan dapat diakses melalui internet. Wajar jika akan menjadi seperti kiamat bila jaringan internet di dunia ini mati sehari saja.

    Dan menjadi hal yang tidak dapat dipungkiri juga bila kebutuhan akan akses internet ini menjadi sebuah kebutuhan mendasar bagi manusia modern saat ini. Dengan memandang hal tersebut, maka tidak heran bila internet nantinya menjadi hak dasar bagi kehidupan manusia layaknya kemunculan listrik pada jaman dahulu.

  4. Mobil Cerdas

    Saat ini produsen mobil berlomba-lomba untuk membuat sebuah mobil otomatis tanpa sopir atau lebih dikenal dengan mobil autonom (smart car). Bermula dari proyek Google yang berhasil menciptakan mobil tanpa sopir, saat ini teknologi tersebut sudah bisa secara penuh diaplikasikan. Melalui sensor yang terpasang pada mobil dan juga jaringan internet, maka mobil dapat bergerak sesuai arahan keduanya. Di tahun 2030 bis dan taksi di kota besar seluruh dunia akan berlaih ke mobil autonom sehingga menjadi lebih efisien dan efektif.

  5. Semua Kegiatan Dijalankan Oleh Robot

    Imajinasi manusia tentang robot sudah semenjak dulu kala. Dan saat ini teknologi robot telah berkembang dengan sangat pesat. Negara-negara yang telah maju dalam bidang teknologi seperti Jepang, Amerika, Jerman atau Rusia telah menghasilkan berbagai robot dengan berbagai bentuk dan kegunaan. Pekerjaan pekerjaanpun sudah banyak mulai tergantikan oleh robot.

    Perkembangan robot yang ditanami kecerdasan buatan juga sudah dilakukan. Dan hal ini memunculkan kekhawatiran jika semua pekerjaan akan tergantikan oleh robot dan meningkatkan tingkat pengangguran. Atau bahkan mungkin bisa saja robot akan menguasai seluruh lini kehidupan manusia di tahun 2030 nanti.

  6. Di Tahun 2030, Kita Akan Siap Memindahkan Manusia ke Planet Mars

    Perkembangan astronomi di tahun 2030 juga akan berkembang semakin pesat. Jika awalnya kita hanya bisa mengirimkan manusia ke bulan, bukan tidak mungkin jika pada tahun 2030 kita bisa mengirimkan manusia ke planet mars. Terlebih lagi, begitu kita sampai di sana, kita mungkin akan menemukan bukti kehidupan asing. Ilmu pengetahuan besar akan membantu kita menjawab pertanyaan besar tentang kehidupan di bumi, sekaligus membuka aplikasi praktis untuk teknologi ruang angkasa.