Apa Warna Netral yang Biasa Digunakan dalam Dunia Fasion?

warna netral

Dalam dunia fashion, warna merupakan salah satu hal yang krusial untuk diperhatikan. Menurut Anda, apa warna netral yang biasa digunakan dalam dunia fashion?

Salah satu penelitian mengenai warna dan penggunaannya adalah dari Kodzoman (2019). Pada penelitian ini Kodzoman (2019) memberikan pemaparan mengenai penggunaan warna pada pakaian. Kodzoman (2019) memaparkan bahwa warna dalam pakaian menggambarkan jati diri, perasaan, dan apa yang dipercayai untuk menyampaikan identitas, emosi, potret diri, dan nilai seni.

People use clothing color to express of who they are, how they feel and what they believe; to express their social identity, emotions, self-image, and esthetic tastes. Kodzoman (2019)

Pemilihan warna pada pakaian menentukan karakter seseorang, warna netral menurut Kodzoman (2019) antara lain warna seragam seperti hitam, putih, abu-abu, dan coklat beige. Pada hasil penelitian Frank & Gilovich (1988) warna tersebut merupakan bagian dari perncerminan karakter dengan kesan tegas dan sederhana.


Sumber: Pinterest.com

1 Like

Sebuah majalah fashion bernama Attire Club pada edisi November 2018 memuat artikel mengenai warna netral dengan judul What Are Neutral Colors?. Pembahasan pada artikel tersebut sudah memuat cukup informasi mengenai warna netral yang ada pada dunia fashion. Warna netral adalah warna yang tidak terlalu menarik perhatian, hal ini menyebabkan warna netral dapat dengan mudah dikombinasikan dengan warna lain.

Neutral colors are those colors that are not extremely eye-grabbing and can thus be mixed and matched to absolutely any other color. In the neutral colors category fall black, gray, beige, khaki, brown, navy, ivory, white, tan, camel, and, according to some, dark shades of burgundy are also very versatile. (Attire Club, 2018)

Berdasarkan inforgrafis yang dibuat oleh attireclub.org terdapat 12 warna yaitu; hitam, abu-abu, nila, khaki, coklat, biru tua, gading, putih, kuning langsat, coklat unta, dan, merah anggur gelap.


Sumber: attireclub.org

Warna netral sering diasosiasikan dengan kemudahannya untuk padu padan, contohnya warna hijau terang dengan warna gading. Warna terang seperti kuning juga bisa menghidupkan warna netral sehingga tidak terkesan sepi.


Sumber: jatimtimes.com

Warna netral memudahkan pemilihan warna pakaian
Seperti statement sebelumnya, warna netral merupakan warna yang tidak terlalu menarik perhatian. Oleh karena itu pakaian dengan warna netral dapat menjadi pilihan untuk Kadics apabila terpaksa hangout akan tetapi tidak memiliki waktu banyak untuk memilih pakaian. Ketika memilih pakaian dengan warna netral, terkadang masih ada keinginan untuk tampil lebih outstanding, Kadics dapat melakukan padu padan antara atasan atau bawahan warna cerah.

Pakaian dengan warna netral sebagai penyeimbang
Beberapa momen hangout terkadang tidak membutuhkan penampilan yang terlalu cerah, warna netral dapat menjadi stok wajib untuk Kadics supaya lebih mudah dalam memilih pakaian sesuai acara. Kadics dapat memadu padankan pakaian cerah penuh pola dengan pakaian netral polos. Jangan takut untuk mencoba dan temukan fahion style Kadics sendiri ya!