Apa Wacana Krisis Politis yang terjadi oleh pembangunan Grand Ethiopian Renaissance Dam?

Dalam tulisan yang berjudul Thapliyal, Jan Selby (2011) menyebutkan bahwa krisis air yang terjadi di Negara Ethiopia sebagai kondisi yang mana terjadi sebuah wacana ekologis, wacana teknis, serta wacana politis. Apa Wacana Krisis Politis yang terjadi oleh pembangunan Grand Ethiopian Renaissance Dam?

Dalam Jurnal Hubungan Internasional yang berjudul Alasan Pemerintah Etiopia Membangun Grand Ethiopian Renaissance Dam (GERD) di Kawasan Sumber Daya Air Lintas Batas Negara, Muhammad Mohdar dkk berpendapat bahwa Etiopia yang walaupun memiliki kapasitas air setara dengan 1,5 kali air tahunan Sungai Nil lantas hanya bisa menikmati sedikit penggunaan akses air sehingga menimbulkan wacana politis dari krisis air.

Meles Zenewi bahkan membeberkan bahwa kekeringan yang terjadi diakibatkan oleh Mesir yang sudah sejak lama telah mengancam Etiopia. Meskipun demikian, Etiopia disebut oleh Tawfik (2016) melakukan proyek pembangunan GERD untuk sebuah upaya game-changer di Sungai Nil.

Pemerintah Etiopia terus berusaha merealisasikan pembanguan GERD demi upaya pemenuhan air dari Sungai Nil. Hal tersebut dikarenakan adanya ketidakmerataan pembagian distribusi air di Sungai Nil.