Apa tujuan kebijakan ekonomi ekspansi dan kontraksi?

kebijakan ekonomi

Berdasarkan arah perubahan dari nilai target yang menjadi tujuan kebijakan, maka kebijakan ekonomi dapat dibagi ke dalam dua kategori, yaitu kebijakan ekspansi dan kebijakan kontraksi.

  1. Kebijakan Ekspansi (expansionary policy). Kebijakan ini bertujuan untuk memperbesar kegiatan perekonomian. Diharapkan lewat kebijakan ini akan terjadi peningkatan permintaan agregat, pendapatan riil, dan sekaligus dapat mengurangi jumlah pengangguran. Pada umumnya, kebijakan ini diambil saat perekonomian sedang menghadapi banyak pengangguran dan kapasitas produksi nasional belum optimal.

  2. Kebijakan Kontraksi (contractionary policy). Kebijakan ini bertujuan untuk menurunkan kegiatan perekonomian. Diharapkan lewat kebijakan ini akan terjadi penurunan permintaan agregat, pendapatan riil, dan sekaligus menurunkan laju inflasi dan defisit neraca pembayaran. Pada umumnya, kebijakan ini diambil saat perekonomian sedang dalam keadaan over-employment. Keadaan di mana permintaan agregatif melebihi besarnya kapasitas produksi nasional. Kondisi ini ditandai dengan terjadinya inflasi yang tinggi atau defisitnya neraca pembayaran secara terus menerus.