Apa tujuan identifikasi risiko?

Identifikasi risiko adalah suatu proses menentukan risiko yang berpotensi mencegah program, perusahaan, atau investasi untuk mencapai tujuannya. Identifikasi risiko merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Berdasarkan pernyataan tersebut, apa tujuan dari identifikasi risiko?

Tujuan dari identifikasi risiko adalah:

  1. Memastikan bahwa semua risiko yang mungkin terjadi berhasil diidentifikasi.
  2. Meminimalkan dampak negatif dari hambatan proyek.
  3. Memaksimalkan dampak positif dari peluang proyek.
  4. Memudahkan project manager dalam mengendalikan dampak risiko.
  5. Meningkatkan kemungkinan keberhasilan proyek.
  6. Memungkinkan tim untuk memenuhi waktu, jadwal, dan sasaran kualitas proyek.
  7. Memberikan informasi untuk langkah selanjutnya dari manajemen risiko.
  8. Membantu perusahaan untuk mempersiapkan jika risiko terjadi

Sumber:

http://www.skillmaker.edu.au/risk-identification/

1 Like

Tujuan dari proses identifikasi risiko adalah memastikan bahwa semua risiko proyek potensial teridentifikasi. Strategi untuk menangani risiko ini akan dirancang selama langkah-langkah pengelolaan risiko selanjutnya.

Tujuan utama identifikasi risiko adalah meminimalkan dampak negatif dari cegukan dan ancaman proyek, dan untuk memaksimalkan dampak positif dari peluang proyek. Hanya dengan mengidentifikasi risiko terlebih dahulu akan seorang manajer proyek dapat mengendalikan dampak risiko pada sebuah proyek. Kesadaran akan potensi risiko proyek mengurangi jumlah kejutan selama pengiriman proyek dan, dengan demikian, meningkatkan kemungkinan keberhasilan proyek, memungkinkan tim untuk memenuhi waktu, jadwal, dan sasaran kualitas proyek.

Referensi :
Study.com, 2013. Risk Identification: Definition, Purpose & Examples. [online] Tersedia di : <https://study.com/academy/lesson/risk-identification-definition-purpose-examples.html> [Diakses 16 Maret 2018].

Tujuan utama dalam identifikasi resiko adalah untuk mengetahui daftar – daftar resiko yang potensial dan berpengaruh terhadap tujuan / proses bisnis suatu organisasi