Apa Tujuan dari Pemasangan Kawat Gigi?

Behel atau kawat gigi

Pemasangan kawat gigi umumnya memang untuk memperbaiki gigi yang tidak rata, tetapi apakah hanya itu tujuannya? atau ada manfaat lain selain hal tersebut?

Secara garis besar pemasangan kawat gigi ini bertujuan untuk:

  • Memperbaiki jarak gigi yang terlalu renggang antar gigi, dan mengatasi gigi yang tidak rata. Gigi yang tidak rata meningkatkan risiko penumpukan plak dan sisa makanan yang dapat menyebabkan gigi berlubang, penyakit gusi dan Periodontal (penyakit yang menyerang jaringan pendukung yang menghubungkan antara gigi dan tulang penyangganya).

  • Memperbaiki gigi yang berdesakan atau tumbuh bengkok, sehingga menghindari rahang nyeri akibat gigi yang tidak punya ruang tumbuh.

  • Memperbaiki gigi depan rahang atas yang tumbuh tidak sejajar (lebih ke depan atau ke belakang) dibanding gigi depan rahang bawah, sehingga menyebabkan bicara tidak jelas.

  • Memperbaiki masalah rahang dan gigi yang menyebabkan gigitan menjadi tidak rata, sehingga mengganggu proses mengunyah makanan, yang pada akhirnya juga mengganggu proses pencernaan (kerja lambung menjadi lebih berat karena makanan tidak terkunyah lembut).