© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa tujuan dari koperasi konsumsi dan koperasi simpan pinjam?

Apa tujuan dari koperasi konsumsi dan koperasi simpan pinjam?

Koperasi konsumsi, para anggotanya mempunyai kepentingan bersama untuk mempermudah memperoleh kebutuhan barangbarang konsumsi yang bermutu baik dan harganya lebih murah.

koperasi konsumsi adalah koperasi yang menyediakan barang-barang yang dapat langsung digunakan oleh masyarakat. Barang-barang yang disediakan di koperasi konsumsi berupa keperluan harian maupun perkakas. Contoh barang-barang yang disediakan adalah gula maupun beras atau perkakas dan alat tulis. Contoh dari koperasi konsumsi yaitu koperasi yang mengelola suatu pertokoan yang memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan para anggotanya atau kebutuhan masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Contoh koperasi konsumsi yang berada di lingkungan masyarakat adalah koperasi sekolah yang menyediakan alat tulis, koperasi bahan makanan atau yang sering terlihat seperti toko kelontong.

Koperasi simpan pinjam, bagi anggota agar mendapatkan pinjaman dengan bunga rendah dan syarat yang mudah

Jenis-jenis simpanan pada koperasi simpan pinjam adalah sebagai berikut:

  1. Simpanan pokok, adalah simpanan yang wajib diberikan anggota koperasi saat pertama kali bergabung menjadi anggota.
  2. Simpanan wajib, adalah simpanan yang wajib diberikan setiap anggota koperasi setiap periode waktu tertentu dengan jumlah yang ditentukan.
  3. Simpanan bebas atau sukarela, adalah simpanan sukarela yang diberikan anggota koperasi kapan saja. Simpanan ini juga bisa diambil kapan saja.
Referensi

Indrastuti. 2009. Ekonomi 3: Ekonomi dan Kehidupan. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.