Apa Tujuan Cerita Kisah Didalam Al-Quran?

Al Quran

Apa tujuan cerita kisah didalam Al Quran?

Kisah Alquran adalah berita atau sejarah tentang keadaan umat-umat terdahulu dan nabi-nabi yang telah lalu serta peristiwa yang benar-benar telah terjadi. Jika ditinjau dari segi materi yang diceritakan, maka kisah Alquran di bagi menjadi tiga macam, yaitu:

  • Kisah para nabi, tahapan dan perkembangan dakwahnya, berbagai mukjizat yang memperkuat dakwahnya, sikap orang-orang yang memusuhinya, dan akibat-akibat yang di terima oleh mereka yang mempercayai dan golongan yang mendustakannya.

  • Kisah orang-orang yang bukan termasuk nabi dan sekelompok manusia tertentu, seperti kisah umat Nabi Musa yang memotong sapi (surat al- Baqarah/2:67-73), kisah Qarun yang mengkufuri nikmat (surat al-Qasas/ 28:76-81), kisah Maryam (surat Maryam/19:16-30), kisah ashab al- Kahf (surat al-Kahf/18:10-26), dan kisah Talut (surat al-Baqarah/2: 246-252).

  • Kisah peristiwa dan kejadian pada masa Rasulullah saw., seperti Perang Badar dan Uhud surat ali-Imran, Perang Hunain dan Tabuk surat at-Taubah, dan perjalanan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad saw. surat al-Isra.

Tujuan kisah dalam Alquran

Tujuan kisah dalam Alquran menjadi bukti yang kuat bagi umat manusia bahwa Alquran sangat sesuai dengan kondisi, yakni di samping pengajaran dan pendidikan juga berfungsi sebagai hiburan. Kisah-kisah tersebut diungkapkan dalam bahasa yang sangat indah dan menarik. Menjadikan orang yang mendengar dan membacanya sangat menikmatinya.

Menurut Nashruddin Baidan, tujuan kisah Alquran ialah merealisir tujuan umum yang dibawa oleh Alquran untuk menyeru dan memberi petunjuk kepada manusia ke jalan yang benar. Agar mereka selamat di dunia dan akhirat.

Alquran dipandang sebagai suatu sistem, yakni Alquran merupakan suatu keseluruhan yang menyatu, terdiri dari unsur-unsur yang saling berkaitan dan mempunyai tujuan tertentu.

Menurut Sayid Qutub, kisah dalam Alquran memiliki sembilan tujuan, yaitu:

  • Kisah untuk membuktikan kerasulan Muhammad saw. dan Alquran adalah wahyu. Sebab, Muhammad saw. adalah ummy yaitu tidak dapat membaca dan tidak dapat menulis, serta tidak ada bukti sejarah bahwa beliau belajar dari yahudi/Nasrani. Sehingga kisah nabi-nabi terdahulu berasal dari Allah.

  • Kisah dipakai untuk menunjukkan bahwa agama-agama lain berasal dari Allah swt, dan semua manusia Mukmin adalah satu umat. Oleh karena itu, sering kisah nabi diungkapkan dalam surat yang sama dengan gambaran yang mirip. Misalnya kisah para nabi yang terdapat dalam Surat al-Anbiya.

  • Kisah bertujuan mengemukakan bahwa semua agama berasal tunggal yakni iman kepada yang Esa dan beribadah kepadanya.

  • Kisah dipakai untuk menjelaskan bahwa cara para nabi dalam berdakwah adalah sama dan sikap kaumnya pun terhadap mereka mirip.

  • Kisah sebagai pemberitaan Allah pada akhirnya Allah selalu menolong para nabi dan menghancurkan musuhnya.

  • Kisah bertujuan mengungkapkan janji dan ancaman Tuhan

  • Kisah menunjukan betapa besarnya nikmat Tuhan yang diberikan kepada nabinya seperti terungkap dalam kisah Sulaiman dan Daud.

  • Kisah untuk memperingatkan Bani Adam akan tipu daya dan godaan setan, dan menunjukkan adanya permusuhan abadi antara manusia dan setan.

  • Untuk menunjukan bahwa Allah swt. membuat hal-hal yang luar biasa untuk menolong nabi-Nya.

Oleh karena itu, bangsa Arab Jahiliyah dan nabi besar Muhammad saw. sebelum menerima wahyu, tidak mengetahui cerita tentang nabi-nabi terdahulu dan umatnya. Hal ini menunjukkan bahwa yang disampaikan Alquran adalah berita gaib yang hanya diterima dari Allah swt. sama sekali bukan temuan pengalaman Nabi Muhammad saw. Cerita yang diungkapkan dalam Alquran dengan bahasa yang indah dan gaya yang khas adalah salah satu cara untuk menyampaikan ajaran-ajaran Tuhan kepada umat manusia.

Selain itu, kisah yang disampaikan Alquran memiliki beragam fungsi yakni merupakan tujuan Alquran secara menyeluruh.

Referensi :

  • Nashruddin Baidan, Wawasan Baru Ilmu Tafsir (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005)
  • Rahmat Syafe’i, Pengantar Ilmu Tafsir,
  • Mardan, Alquran (Sebuah Pengantar Memahami Alquran secara Utuh).