Apa tujuan adanya manajemen pemasaran pada perusahaan?

Dengan adanya manajemen pemasaran pada suatu perusahaan, impact apa yang akan diterima oleh perusahaan dengan ada manajemen tersebut? Tujuan apa yang biasanya ingin diraih perusahaan?

Manajemen pemasaran, seperti yang tertulis pada rocketmanajemen.com dijelaskan bahwa berfokus pada faktor-faktor psikologis dan fisik pemasaran. Manajer Pemasaran bertanggung jawab untuk mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan pelanggan diterima definisi istilah.

Sedangkan faktor psikologis fokus pada menemukan kebutuhan dan keinginan konsumen dan perubahan pola perilaku pembelian, kebiasaan dll faktor fisik fokus pada pemenuhan kebutuhan dan tuntutan membeli desain produk yang lebih baik, saluran distribusi dan fungsi lainnya.

Singkatnya, Pemasaran beraksi adalah Manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran memiliki tanggung jawab untuk melakukan banyak fungsi di bidang pemasaran seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, memotivasi, mengkoordinasikan dan mengendalikan. Semua fungsi ini bertujuan untuk mencapai tujuan pemasaran.

Dalam hal ini, fungsi pemasaran bagi perusahaan seperti yang dikutip dari gktoday.in antara lain :

  1. Tujuan pemasaran: manajemen pemasaran menentukan tujuan pemasaran. Tujuan pemasaran mungkin jangka pendek atau jangka panjang dan membutuhkan pendekatan yang jelas. Mereka harus berada di koherensi dengan tujuan dan sasaran organisasi.

  2. Perencanaan: Setelah menentukan obyektif Tujuan pemasaran, fungsi penting dari manajemen pemasaran adalah untuk merencanakan bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut. Ini termasuk perkiraan penjualan, program pemasaran formulasi, strategi pemasaran.

  3. Organisasi: Sebuah rencana sekali dirumuskan implementasi kebutuhan. Menyelenggarakan fungsi manajemen pemasaran melibatkan pengumpulan dan koordinasi sarana yang diperlukan untuk melaksanakan rencana dan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. organisasi melibatkan struktur organisasi pemasaran, tugas, tanggung jawab dan wewenang berbagai anggota organisasi pemasaran.

  4. Koordinasi: Koordinasi mengacu pada penyesuaian harmonis kegiatan organisasi pemasaran. Ini melibatkan koordinasi antara berbagai kegiatan seperti peramalan penjualan, perencanaan produk, pengembangan produk, transportasi, pergudangan dll

  5. Arah: Arah dalam manajemen pemasaran mengacu pada pengembangan pasar baru, kepemimpinan karyawan, motivasi, inspirasi, membimbing dan pengawasan karyawan.

  6. Kontrol: kontrol mengacu pada efektivitas yang rencana pemasaran diimplementasikan. Ini melibatkan penentuan standar, evaluasi kinerja aktual, adopsi langkah-langkah perbaikan,

  7. Staffing: Pekerjaan karyawan yang tepat dan mampu sangat penting untuk keberhasilan rencana pasar. Pengelola pasar berkoordinasi dengan Manajer Sumber Daya Manusia dari suatu organisasi untuk dapat mempekerjakan staf dengan kemampuan yang diinginkan.

  8. Analisis dan Evaluasi: Manajemen pemasaran melibatkan analisis dan evaluasi produktivitas dan melakukan gada karyawan individu.

Pada perusahan, seorang manajer pemasaran bertanggung jawab untuk kehadiran online perusahaan dan sekarang memiliki pengaruh lebih besar atas pembeli daripada sebelumnya. Manajemen pemasaran harus mengembangkan strategi memimpin generasi yang efektif untuk membantu tim penjualan mencapai kuota mereka.

Sebelum memutuskan strategi, manajer pemasaran harus meluangkan waktu untuk meneliti pasar, mengingat apa target pelanggan yang optimal, apa pendekatan saingan langsung yang mengadopsi, dan bagaimana untuk membedakan produk perusahaan dari kompetisi.

Sumber : http://rocketmanajemen.com/arti-menjadi-marketing-management/

Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan. ~ Dharmmesta & Handoko

Tujuan manajemen pemasaran pada perusahaan adalah,

1. Jangka Pendek

Tujuan jangka pendek bagi perusahaan adalah untung secepat mungkin. Artinya dapat menutup semua biaya-biaya produksi yang digunakan, dan jika ada kelebihan maka dikatakan laba/untung.

2. Jangka Menengah

Tujuan jangka menengah adalah mengusahakan mencapai titik impas antara total biaya produksi dan total volume penjualan, memperluas cakupan promosi, dan berusaha lebih memperbesar cakupan volume penjualan.

3. Jangka Panjang

Untuk jangka panjang perusahaan mempertahan para pelanggan setia agar tetap loyal dengan produknya, antara lain dengan produk yang inovatif, kreatif dan berdaya guna lebih, serta memberikan potongan harga khusus bagi pelaggan.

1 Like