Apa tugas utama moderator atau fasilitator dalam Group Discussion?

Moderator yaitu fasilitator diskusi yang terlatih dan memahami masalah yang dibahas serta tujuan penelitian yang hendak dicapai (ketrampilan substantif), serta terampil mengelola diskusi (ketrampilan proses). Apa saja tugas utama moderator atau fasilitator dalam Group Discussion?

Dalam pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) agar diskusi yang dilakukan berjalan baik (terarah/fokus, tidak ramai karena semua peserta ingin berbicara mengeluarkan pendapat, informasi dapat terjawab sesuai dengan harapan dan tujuan FGD) dibantu dengan seseorang yang dapat memfasilitatorkan para peserta lainnya yang dinamakan moderator.

Peran moderator dalam group discussion sangat penting untuk mencegah terjadinya penyimpangan dari tujuan group discussion. Keberhasilan pelaksanaan _group discussion_sangat ditentukan oleh kecakapan moderator dalam menjalin komunikasi dengan para peserta. Adapun tugas-tugas moderator adalah:

  • Menjelaskan maksud dan tujuan group discussion
    Moderator menjelaskan secara detail maksud dan tujuan group discussion hanya untuk kepentingan penelitian dan data responden akan dijaga kerahasiannya (tidak akan dipublikasikan keluar).

  • Menjelaskan topik/isu pokok diskusi
    Bahwa topik/isu yang akan dibahas sama seperti kehidupan sehari-hari para peserta. Tidak ada maksud untuk menjelek-jelekan orang/organisasi/benda dll. Hanya ingin mengetahui pendapat para peserta.

  • Menjelaskan tata cara pelaksanaan dalam group discussion
    Bahwa semua peserta berhak mengeluarkan pendapatnya dan jangan takut atau malu jika peserta yang lain akan tersinggung karena ini murni hanya ingin mengetahui pendapat masing-masing peserta. Dan menekankan bahwa semua pendapat dan saran mempunyai nilai yang sama dan sama pentingnya dan tidak ada jawaban yang benar atau salah.

  • Menciptakan suasana kondusif
    Menjamin terbentuknya suasana yang akrab, saling percaya dan yakin diantara peserta. Peserta harus saling diperkenalkan.

  • Mengelola dinamika kelompok
    Memperhatikan keterlibatan peserta, tidak boleh berpihak atau membiarkan beberapa orang tertentu memonopoli diskusi dan memastikan bahwa setiap orang mendapat kesempatan yang cukup untuk berbicara. Serta peserta merasa nyaman untuk berbagi dan menyampaikan pendapat/pemikirannya.

  • Mengamati peserta dan tanggap terhadap reaksi mereka

  • Perhatikan nada suara
    Moderator harus mampu mengendalikan intonasi suara kepada para peserta diskusi, agar diskusi tetap berjalan dengan baik.

  • Menghindari pemberian pendapat pribadi
    Hal ini dimaksudkan agar peserta tidak mengikuti pendapat dari moderator, sehingga hasilnya benar-benar murni pendapat dari peran para peserta diskusi

  • Menghindari komentar yang menyatakan setuju/tidak setuju
    Group discussion merupakan suvey kualitatif sehingga hasil diharapkan berupa pernyataan-pernyataan/pendapat/pemikiran dari para peserta bukan penghitungan/angka seperti survey kuantitatif.

  • Perhatikan gestur tubuh
    Memperhatikan komunikasi atau tanggapan yang berupa bahasa tubuh.

  • Mampu mengendalikan waktu yang telah ditentukan
    Mendengarkan diskusi sebaik-baiknya sambil memperhatikan waktu dan mengarahkan pembicaraan agar dapat berpindah dengan lancar dan tepat pada waktunya sehingga semua masalah dapat dibahas sepenuhnya. Lama pertemuan tidak lebih dari 90 menit, untuk menghindari kelelahan.

.
Referensi:

https://qmc.binus.ac.id/2014/08/28/focus-group-discussion/