Apa tips untuk melakukan backpacker ke Bali?

Bali menjadi salah satu wilayah yang menarik perhatian saya akhir-akhir ini setelah melihat di google mencari tempat yang bagus untuk dikunjungi ketika musim liburan sekolah akhir mei nanti, mohon tipsnya teman-teman… Terimakasiih

Tips melakukan backpacker ke Bali

1. Pilih tujuan perjalanan
Sebelum melakukan perjalanan atau traveling tips liburan ke Bali ala backpacker yang harus anda pikirkan matang-matang adalah tujuan perjalanan yang akan anda kunjungi. Anda sebaiknya datang ke Bali karena ada berbagai macam objek wisata yang bisa anda kunjungi seperti; pantai kuta, pantai sanur, pantai pandawa. Ada juga objek wisata lainnya selain pantai misalnya Garuda Wisnu Kencana, tanah lot.

2. Transportasi
Saat anda traveling ke suatu tempat wisata tentunya anda butuh transportasi yang memadai. Pastikan transportasi yang anda gunakan harus aman dan nyaman serta ekonomis untuk menghemat biaya namun tetap aman. Tips liburan ke Bali ala backpacker yang kedua adalah jangan pernah malas untuk mencari informasi soal transportasi yang akan anda gunakan seperti promo tiket pesawat, kereta api ataupun bus.

3. Jelajah destinasi dengan sewa motor

Bagi yang berlibur sendiri, berdua, maupun dengan rombongan kecil, ada baiknya kamu cermat dalam memilih jenis kendaraan. Ketimbang keluar banyak uang hanya untuk membayar taksi atau angkutan online, menyewa motor bisa menjadi salah satu alternatif paling pas untuk wisatawan yang berlibur dengan dana terbatas.

Di beberapa pusat wisata seperti Legian dan Kuta, tersedia banyak tempat penyewaan motor dengan sistem pembayaran yang dihitung per hari. Jenis motor yang ditawarkan pun beragam, mulai dari motor bebek, matic, hingga motor besar yang disewakan mulai dari Rp35.000 hingga sekitar Rp70.000 per hari. Selain bisa menghemat pengeluaran, kamu pun bisa lebih puas menjelajah Pulau Dewata hingga ke pelosok.

Meski begitu, tetaplah berhati-hati selama di perjalanan. Kamu bisa menyetir bergantian dengan teman atau sesekali berhenti sejenak untuk menikmati panorama Bali. Jika rute yang akan kamu tuju cukup jauh, pilihlah motor matic agar tidak terlalu lelah saat harus berkendara dalam waktu yang cukup lama.

4. Makan dan minum
Setiap destinasi wisata pasti punya ciri khas makanan dan minumnya masing-masing. Sering kali pada bagian ini yang sering kali mengeluarkan biaya banyak. Tips liburan ke Bali ala backpacker yang ketiga adalah bawalah makanan dan minuman anda dari rumah, anda bisa membawa makanan kering yang bisa anda siapkan terlebih dahulu sebelum berangkat. Jangan lupa selalu bawa botol minuman kemanapun anda pergi.

5. Penginapan
Liburan ke Bali ala backpacker tak menuntut anda untuk tidur di hotel mewah dan berkelas. Tips liburan ke Bali ala backpacker yang keempat anda bisa mencari penginapan yang sederhana seperti hostel atau homestay untuk berhemat sebab biayanya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan hotel atau resort. Pastikan tempat anda menginap juga bersih dan layak untuk kenyamanan anda serta dekat dengan tujuan wisata yang anda tuju.

6. Tempat wisata

Di Bali ada berbagai jenis tempat wisata seperti pantai, pura, mall dan museum. Tips liburan ke Bali ala backpacker yang kelima adalah pilih tempat wisata yang harga tiketnya murah atau bahkan gratis untuk dikunjungi. Selain itu pilihlah waktu keberangkatan anda karena biasanya harga tiket masuk saat musim liburan akan semakin mahal.

7. Mempelajari bahasa setempat

Salah satu cara untuk berhemat saat anda traveling adalah bertransaksi dengan diselingi bahasa setempat. Tips liburan ke Bali ala backpacker yang keenam adalah pelajari bahasa setempat. Biasanya kalau anda menggunakan selingan bahasa setempat maka si penjual akan merasa senang dan bangga kepada anda karena meraka berpikir anda menghargai budaya dan bahasa mereka. Tentunya hal ini akan membuat anda dapat diskon secara lebih mudah saat jual-beli.