Apa tips terbaik untuk seorang programmer pemula?

Tips sangatlah diperlukan oleh seorang programmer pemula. Karena hal tersebut dapat menuntun programmer pemula untuk menjadi seorang programmer profesional. Lalu apa saja tips terbaik untuk seorang programmer pemula agar mampu mengembangkan kemampuannya ?

1 Like


Sumber Gambar : www.petanikode.com

Tips sangat diperlukan bagi programmer pemula untuk mampu menjadi programmer yang handal. Karena setiap hal kecil yang dipelajari dari awal, lama kelamaan akan berkembang dan mampu membawa kita untuk menuju kejenjang yang lebih tinggi lagi. Dengan begitu, yang awalnya kita tidak sebegitu mengerti tentang pemrograman akan menjadi seorang yang ahli dalam bidang pemrograman. Oleh karena itu, berikut adalah tips terbaik yang dapat dilakukan oleh programmer pemula

1. Jangan takut untuk berkolaborasi
Langkah terbaik untuk belajar tentang bagaimana melakukan sesuatu dengan benar adalah dengan melihat bagaimana orang lain menyelesaikan suatu masalah. Sebuah pepatah mengatakan “Dua pikiran lebih baik daripada satu pikiran”.

2. Penamaan sangatlah penting
Anda dan tim anda harus mampu membaca kode penamaan dengan tidak menguraikan nama variabel.

3. Sebagaian besar masalah tidaklah unik
Ada kemungkinan orang lain telah menyelesaikannya. Namun jangan takut untuk menggunakan solusinya.

4. Jangan terintimidasi dengan kemungkinan solusi yang terbatas
Ketika ada sejumlah hal yang tidak terbatas untuk dicoba, maka lakukan sesuatu untuk menciptakan sesuatu yang baru. Lawan segala sesuatu yang menghadangmu. Dan jangan menyerah dengan suatu solusi yang terbatas.

5. Bersiaplah untuk membuat pilihan
Keputusan biasanya dibuat dengan segala sesuatu yang telah jelas adanya dan dengan data yang telah dimiliki. Sebuah keputusan mungkin dapat berubah menjadi buruk pada kondisi tertentu karena segala sesuatu dapat berubah.

6. Ketika terdapat pilihan antara solusi yang elegan dan solusi yang sederhana, ,maka pilihlah solusi yang sederhana
Sebenarnya keduanya memiliki kemampuan memecahkan solusi yang hampir setara, namun kita lebih memilih solusi yang sederhana agar solusi tersebut dapat diterapkan dipermasalahan yang sama dan agar tidak lupa dengan langkah algoritma yang kita buat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

7. Kode bukanlah dokumen pribadi
Jangan takut untuk meninggalkan komentar singkat yang menjelaskan tentang pilihan yang kita buat. Pilihan tersebut dapat menjadi sesuatu yang tidak ternilai harganya dikedepannya.

8. Berlatih, berlatih dan terus berlatih
Seperti kebanyakan hal, semakin anda melakukannya, semakin baik hal yang akan anda dapatkan.

Jadi itulah langkah yang dapat kita lakukan sebagai seorang programmer yang masih pemula agar kita mampu mengembangkan kemampuan kita secara cepat dan dalam waktu yang singkat.

Referensi :

Tips Terbaik Untuk Pemograman Awal

programmer

Menjadi Programmer adalah sebuah pekerjaan yang sangat banyak diminati oleh masyarakat sekarang karna dengan semakin tingginya teknologi. Jika Anda tertarik membuat program komputer, aplikasi ponsel, situs web, permainan, atau perangkat lunak apa pun, Anda harus mengetahui cara memprogramnya. Program dibuat dengan bahasa pemrograman. Bahasa ini memungkinkan program berfungsi di mesin yang menjalankannya, seperti komputer, ponsel, atau perangkat keras lain.

Sebagai dasar seperti yang mungkin muncul pada awalnya, pemrograman fundamental selalu perlu didahulukan: semakin baik Anda memahaminya, semakin mudah untuk mempelajari konsep yang lebih maju. Belajarlah dengan melakukan, selalu mainkan kode sambil belajar, Pegang dasar-dasar untuk keuntungan jangka panjang, Pelajari pemrograman lebih cepat.

Berlatih
Anda tidak akan bisa jika hanya memahami sebuah materi tapi anda harus mempraktekkannya atau anda harus melakukan sebuah materi yang anda dapatkan.

Tetap tertarik
Menjadi pemrogram yang baik membutuhkan waktu yang sangat lama, dan banyak malam yang membosankan," Jika Anda bosan dengan proyek yang sedang Anda kerjakan, Anda mungkin perlu mempertimbangkan kembali tujuan belajar kode yang mulia. Atau, mungkin Anda hanya mengerjakan proyek yang salah atau belajar melalui sumber yang salah.

Tetap Berinovasi
Seiring dengan perkembangan dunia IT yang semakin melonjak, maka dunia pemrograman juga selalu berinovasi, jika dulu para Programmer menyusun program dengan sistem yang terstruktur maka sekarang anda sudah bisa menerapkan konsep OOP yang sudah dibuat untuk memudahkan para programmer mengerjakan dan mengembangkan sebuah software.
Dengan demikian, maka programmer dituntut untuk selalu berinovasi. Baik itu dalam hal kemampuan skill coding maupun dalam melihat perkembangan atau trend masyarakat dalam menggunakan software.

Referensi:
https://www.codementor.io/learn-programming/tips-on-becoming-a-software-engineer

baby programmer


Programmer saat ini merupakan salah satu pekerjaan favorit bergaji tinggi, karena skill programmer tidak dimiliki kebanyakan orang. Berikut tips-tips untuk seorang programmer pemula :

1. ABC
Always Be Coding, seorang programmer dapat dikatakan expert apabila telah berlatih selama 10.000 jam. Karena dengan berlatih akan meningkatkan kemampuan.

2. Bergabung kedalam sebuah komunitas
Dengan bergabung ke sebuah komunitas akan memperkaya pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki baik dengan diskusi, latihan, workshop atau kegiatan komunitas lain.

3. Ikuti Tren terbaru
Tren tentang teknologi memang tiada henti, selalu ada inovasi-inovasi yang menarik. Mengikuti tren berguna akan dapat memprediksi masa depan dan mengasah kreatifitas untuk melakukan pengembangan.

4. Berbagi pengetahuan
Berbagi pengetahuan dapat dengan cara membantu teman menyelesaikan problem coding, atau dengan membuat video pembelajaran. Karena dengan berbagi pengetahuan dapat memperdalam pemahama tentang programming.

5. Belajar banyak Bahasa
Seorang programmer harus menguasai berbagai macam Bahasa pemrograman karena setiap Bahasa mempunyai fungsi dan focus yang berbeda. Ketika sudah handal dalam satu Bahasa akan mudah untuk belajar Bahasa lainya karena dasar dari semuanya adalah logika. Hanya syntaxnya saja yang membedakanya.

6. Kerjakan project sampingan
Project sampingan akan membuat kita pusing saat awal mengerjakan, namun akan sangat bermanfaat saat mengerjakan project project lainnya. Karena, telah paham alur dan pola dalam mengerjakan sebuah project.

Itulah beberapa tips untuk programmer pemula, memang terlihat sepele namun apabila dikerjakan dengan maksimal dan sungguh sungguh maka akan sangat bermanfaat kedepannya.

Referensi :

https://www.quora.com/What-are-the-best-tips-you-can-give-to-a-beginning-programmer

Pesatnya kemajuan teknologi, memunculkan satu bidang baru yang sedang diminati oleh banyak orang terutama mereka yang sangat gemar akan dunia komputer dan teknologi. Yakni programming. Banyak dari mereka yang kemudian berusaha untuk mempelajarinya sendiri atau dengan mengikuti kelas. Keduanya tidak ada yang salah. Untuk menunjangnya, berikut beberapa tips bagi para programmer pemula :

  1. Pahami dan kuasai
    Tujuan programming adalah menyelesaikan masalah dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Pemilihan algoritma oleh programmer sangat berpengaruh akan hal itu. Begitu pula dengan pemahaman akan IDE yang digunakan, dengan begitu programmer akan tahu langkah mana yang tepat namun singkat untuk mengeksekusi. Untuk itu, pahami dan kuasai dengan baik bahasa pemrograman dan IDE.

  2. Gunakan tahapan-tahapan menyusun algoritma.
    Algoritma adalah sekumpulan langkah-langkah untuk menyelesaikan sebuah masalah. Algoritma memilki beberapa tahapan yang sangat membantu untuk menciptakan sebuah program. Yakni :
    a. Mendefinisikan masalah
    b. Merumuskan masalah
    c. Rancang algoritma (bisa dengan flowchart)
    d. Tulis program
    Tahapan-tahapan di atas sangat membantu programmer dalam merancang sebuah program. Karena dengan melakukan tahapan-tahapan tersebut, programmer akan benar-benar memahami masalah begitu pula dengan langkah yang akan diambil.

  3. Do it!
    Jangan pernah menunda-nunda untuk mencoba. Karena dengan mencoba seorang programmer pemula akan menghadapi banyak rintangan yang bermanfaat untuk mengembangkan dirinya. Cara yang tepat untuk memulai adalah dengan membuat program dengan bidang yang diminatinya dan berkaitan dengan keseharian. Tidak perlu ide yang fantastis, cukup sederhana saja namun dapat memberikan motivasi tersendiri untuk ke depannya.

  4. Mintalah kritik dan saran
    Dengan kritik dan saran, seseorang dapat melihat kekurangan apa yang harus diperbaiki. Kritik dan saran haruslah sesuai dengan kenyataan, karena sifat kritik dan saran adalah untuk membangun dan memperbaiki. Kritik dan saran juga dapat digunakan untuk terus berinovasi.

  1. Tetap sabar, gigih, dan teratur
    Bidang programming memang bukanlah bidang yang mudah untuk dipelajari dalam sekali waktu. Jika memang di tengah jalan menghadapi kesulitan tersebut, mental pejuang yang sabar dan gigih sangat diperlukan oleh seorang programmer. Dengan tujuan meraih goal awalnya. Ambil waktu untuk rehat sejenak, dan pergunakan waktu itu untuk membaca code-code orang lain melalui situs-situs yang khusus berbagi tentang programming di internet. Lalu pergunakan hal itu untuk memperbaiki program yang sudah dijalankan sebelumnya.

  2. Terbuka terhadap perkembangan yang ada
    Seorang programmer harus mampu beradaptasi dengan teknologi baru. Pun dengan segala kritik mengenai proyek yang dikerjakannya, karena kembali pada bahasan sebelumnya, kritik sangat diperlukan untuk memperbaiki proyek yang dikerjakan. Selain itu, selalu dokumentasikan semua program yang pernah dibuat. Dengan tujuan, programmer masih memahami apa yang telah ia buat setelah beberapa waktu.

Demikian tips-tips untuk programmer pemula. Hanya ada satu hal yang paling penting, yakni terus berlatih, berlatih, dan berlatih. Karena dengan berlatih, skill seorang programmer akan semakin terasah dan runcing.


Referensi :