Apa tips agar tidak ketinggalan pesawat?

image

Meskipun ketinggalan pesawat ada solusinya, tapi bakal lebih baik jika kamu mencegah hal tersebut. Apalagi, jika tiket pesawat yang kamu beli sangat mahal. Daripada rugi waktu dan uang kira-kira apa tips agar tidak ketinggalan pesawat?

Perhatikan waktu dan jarak tempuh menuju bandara

image

Apalagi jika kamu tinggal di kota besar seperti Jakarta yang rawan akan kemacetan. Lebih baik berangkat ke bandara lebih awal. Nggak apa-apa jika akhirnya kamu harus menunggu lama di bandara, daripada harus terburu-buru di jalan lalu ketinggalan pesawat. Meskipun kamu sudah tiba di bandara sebelum waktu keberangkatan, tapi jika sudah lewat dari batas waktu check-in, kamu nggak akan diizinkan masuk ke pesawat. Ketentuan waktu check-in setiap maskapai penerbangan biasanya berbeda-beda.

Pastikan paspor dan kartu identitas sudah dibawa

image

Buat kamu yang traveling ke luar negeri, pastinya kamu harus memastikan apakah paspor dan kartu identitas sudah dibawa atau belum! Jangan sampai tertinggal di rumah, ya, travelers! Karena, jika ketinggalan, kamu harus balik lagi ke rumah dan membuang waktu sangat banyak.

Lakukan check-in secara online

image

Untuk menghindari keribetan ketika check-in di bandara, sebaiknya kamu sudah melakukan check-in secara online melalui website maskapai penerbangan. Biasanya, online check-in sudah dibuka 24 sebelum waktu keberangkatan. Malahan AirAsia sudah membuka online check in 14 hari sebelum jadwal keberangkatan. Meskipun kamu sudah melakukan online check-in, tapi kamu tetap nggak boleh terlambat sampai di bandara.

Pastikan lokasi terminal dan gate pesawat

Sebelum berangkat, pastikan kamu tahu harus datang ke terminal dan gate yang mana. Kamu bisa cek di website maskapai penerbangan. Jika sampai salah terminal atau gate, tentunya akan membuang waktu. Apalagi, sejak adanya Terminal 3 baru di Bandara Internasional Soekarno Hatta, jadi sering terjadi perubahan terminal dan gate untuk masing-masing maskapai. Jika setelah sampai di bandara kamu bingung saat mencari terminal atau gate, jangan lupa bertanya ke satpam, ya!

1 Like