Apa Tes medis untuk kulit sensitif?

image

Pengetahuan terhadap kulit merupakan suatu hal penting yang wajib diketahui sejak dini. Begitu banyak jenis kulit manusia, sehingga menuntut kebutuhan manusia terhadap produk perawatan kulit juga beredar begitu banyak. Salah dalam penggunaan produk perawatan juga merupakan hal fatal bagi kesehatan kulit. Adakah tes medis untuk kulit sensitif sebagai solusi dini mengatasi masalah ini?

1 Like

Tes medis untuk kulit sensitif dengan melakukan uji sampel untuk mendeteksi tanda-tanda alergi yang memberikan kontribusi terhadap kulit sensitif. Jika tidak, sulit bagi dokter untuk menguji kulit sensitif karena begitu banyak faktor dapat menyebabkan itu. Dan perlu diketahui bahwa pria pun bisa mempunyai kulit yang sensitif.

Faktor-faktor penyebab kulit sensitif beragam, diantaranya apabila terpapar oleh sinar UV, cuaca dingin, cuaca panas, dan angin ataupun penggunaan bahan kimia seperti yang ada pada kosmetik, produk perawatan, sabun, air, dan polutan yang tidak dapat ditoleransi oleh kulit. Selain itu, dapat disebabkan pula oleh faktor psikologis seperti stress atau hormonal (siklus menstruasi).

Perawatan untuk jenis kulit yang sensitif bisa dilakukan dengan beberapa cara. Jika gejala yang timbul dalam fase akut, beberapa bahan yang dapat digunakan untuk meredakan gejala tersebut antara lain kortikosteroid topikal potensi rendah dan menengah (untuk digunakan dalam waktu singkat tiga sampai empat hari) dan imunomodulator topikal seperti pimecrolimus atau tacrolimus (dapat digunakan untuk periode yang lebih lama). Sebagai tambahan, untuk mengoptimalkan peredaan gejala yang timbul pada kulit wajah sensitif adalah dengan mengurangi penggunaan kosmetik dalam kurun waktu yang agak lama, misal dua minggu. Adapun produk perawatan yang dapat membantu menyembuhkan dan mempertahankan perlindungan pada kulit sensitif, seperti pelembap tanpa unsur tambahan seperti wewangian dan juga bahan lainnya yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit (seperti urea)


Sumber: republika.co.id

Dalam pembuatan produk perawatan untuk kulit wajah khususnya untuk jenis kulit wajah yang sensitif diperlukan pertimbangan serta pengujian terhadap produknya yang meliputi beberapa hal, yaitu: mengevaluasi keseimbangan dari komponennya; mengeliminasi bahan-bahan yang tidak diperlukan; mengeliminasi bahan-bahan alergen serta bahan-bahan yang berpotensi menimbulkan iritasi, atau alternatif lainnya yaitu dengan mengurangi konsentrasi dari bahan-bahan tersebut; menghindari bahan-bahan atau zat yang dapat meningkatkan masuknya zat-zat lain ke dalam kulit seperti etanol atau propilen glikol; mengutamakan penggunaan bubuk pada kosmetik dibandingkan krim atau lotion; penggunaan bahan kosmetik yang mudah dibersihkan oleh air; dan tidak menambahkan unsur wewangian.

Kulit wajah yang sensitif adalah suatu kondisi dimana kulit wajah terasa terlalu panas hingga terasa sakit, terlalu berminyak hingga menimbulkan jerawat setelah pemakaian produk perawatan yang dijual di pasaran sehingga harus menggunakan produk perawatan dari dokter

Kulit sensitif yang terjadi merupakan suatu kondisi dimana kulit wajah terasa terlalu panas hingga terasa sakit, terlalu berminyak hingga menimbulkan jerawat setelah pemakaian produk perawatan yang dijual di pasaran sehingga harus menggunakan produk perawatan dari dokter. Menjawab pertanyaan kedua, menurut responden kulit sensitif sangat rentan terhadap iritasi terutama ketika terpapar sinar matahari. Responden telah menyadari bahwa kulit wajahnya termasuk jenis kulit wajah sensitif sejak SMP. Kondisi kulit wajah yang responden alami sebagai indikasi kulit sensitif adalah ketika wajah terasa sangat panas hingga menimbulkan rasa nyeri. Selain itu, responden juga menambahkan ketika menjelang menstruasi sering timbul jerawat. Untuk mencegah kulit wajah menjadi berminyak dan timbul jerawat, responden menghindari kosmetik jenis foundation. Responden juga menggunakan pelembab wajah yang diberikan langsung oleh dokter, tidak beli asal di pasaran karena bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Menjawab pertanyaan nomor tujuh, cuaca panas memberikan perubahan yang tidak baik pada kulit wajah responden seperti rasa nyeri, dan apabila berada di cuaca dingin terlalu lama kulit wajah responden menjadi sangat berminyak. Sama halnya ketika responden terpapar sinar matahari juga akan memberikan pengaruh yang tidak baik, wajah terasa sangat nyeri bahkan hingga kulitnya mengelupas. Namun pengecualian untuk paparan polusi udara yang tidak memberikan pengaruh apa-apa pada kulit wajah responden. Untuk pertanyaan terakhir, responden menangani kulit wajahnya dengan melakukan konsultasi dengan dokter kulit sehingga produk perawatan yang dipakai berasal dari resep dokter karena lebih bisa sesuai dengan kondisi kulit wajah responden seperti pelembab, obat jerawat, krim wajah, dan sebagainya.

Responden juga menyelingi produk perawatannya dengan menggunakan masker wajah. Jawaban dari responden kedua cukup berbeda. Untuk pertanyaan pertama, kulit wajah yang sensitif adalah kulit wajah yang tidak bisa diberikan produk perawatan secara sembarangan, harus didasari pengetahuan mengenai komposisi produk perawatan yang tepat. Menurut responden, kulit sensitif rentan terhadap iritasi. Responden telah menyadari bahwa kulit wajah responden termasuk kulit sensitif sejak SMP saat setiap mencuci wajah dengan sabun muka dengan produk yang berbeda beda setelah beberapa kali ganti selalu menimbulkan jerawat di wajah. Kondisi kulit wajah yang responden alami sebagai indikasi kulit sensitif adalah timbul jerawat dan saat kulit terasa sangat kering hingga seperti tertarik atau kaku. Kosmetik yang salah satunya responden hindari adalah BB cream, sedangkan untuk produk perawatan responden hanya menggunakan satu merk produk yaitu SK II. Jika cuaca dalam keadaan panas maka kulit wajah responden akan menjadi sangat kering. Namun paparan sinar matahari dan polusi udara tidak memberikan pengaruh apapun terhadap kulit wajah responden.

Dalam menangani kulit wajahnya yang sensitif, responden menggunakan produk perawatan berupa essence. Jawaban dari responden yang ketiga yang juga memiliki jenis kulit wajah yang sensitif, kulit sensitif adalah kulit wajah yang mudah kering, kemerahan dan berujung pada iritasi. Kulit sensitif juga bisa digunakan sebagai istilah untuk seseorang yang sulit menemukan produk perawatan yang tepat untuk wajahnya. Responden telah menyadari bahwa kulit wajahnya termasuk kulit sensitif sejak SMA ketika responden tidak bisa menemukan produk perawatan dan kosmetik yang tepat dan tidak menimbulkan gejala sensitif. Kondisi kulit wajah yang responden alami sebagai indikasi kulit sensitif adalah ketika muncul kemerahan, rasa panas, jerawat pada wajahnya dan menjadi sangat kering. Responden menghindari produk perawatan dari dokter, produk yang bukan berasal dari bahan alami, dan produk yang berpotensi membuat kulit wajah menjadi berminyak. Ketika berada di cuaca yang panas, kulit wajah responden akan timbul kemerahan bahkan bentol di bagian tubuh, terasa gatal. Sedangkan ketika cuaca dingin tidak menimbulkan pengaruh apapun, bahkan kulit wajah terasa membaik dibandingkan sebelumnya. Berbeda dari dua responden sebelumnya, justru polusi udara sangat berpengaruh pada kulit wajah responden ketiga, bisa menimbulkan jerawat dan wajah lebih berminyak. Dalam menangani kulit sensitifnya, responden menggunakan produk perawatan dengan merk Nature Republic.