Apa tempat-tempat terliar dan terindah di Pakistan?

Dari puncak terjal Karakoram ke dataran Sungai Indus yang subur, Pakistan adalah rumah bagi beragam pemandangan yang menakjubkan. Apa tempat-tempat terliar dan terindah di Pakistan?

Taman Nasional Deosai

Dikenal sebagai “Land of the Giants,” latar belakang pegunungan yang diselimuti salju terlihat dari dataran tinggi alpen di Taman Nasional Deosai. Setiap musim semi, lembah subur ini dihiasi oleh bunga liar dan kupu-kupu langka, sehingga dijuluki “Summer’s Palace” oleh penduduk setempat yang menikmati satwa liar disini setelah musim dingin berakhir.

Surga keanekaragaman hayati ini adalah rumah bagi serigala Tibet, kambing ibex Himalaya, rubah merah Tibet, dan marmut emas. Namun, di samping keanekaragaman hayati yang dimiliki, pemerintah justru menjadikan Taman Nasional Deosai sebagai “taman yang dilindungi” pada tahun 1993 untuk menjaga beruang cokelat Himalaya yang sangat terancam punah. Taman ini juga dinominasikan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2016.

Lembah Kaghan

Lembah Kaghan yang terletak di utara Pakistan ini sangatlah indah layaknya di negeri dongeng. Menurut salah satu versi legenda lokal, seorang pangeran Persia jatuh cinta dengan seorang putri peri di perairan kristal Danau Saiful Muluk, seperti pada gambar di atas. Namun, seorang raksasa juga jatuh cinta pada sang putri, sehingga raksasa menawan putri.

Suatu hari, sang pangeran melarikan diri dengan sang putri. Mengetahui hal tersebut, raksasa murka. Ia membanjiri lembah dengan air matanya dan terciptalah danau. Kini, wisatawan dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke Lembah Kaghan untuk menikmati danau alpen, pemandangan gunung, dan langit malam yang cerah.

Hunza

Di wilayah utara Gilgit-Baltistan, hamparan es membentang di atas Sungai Hunza. Terletak di tepi sungai dan dikelilingi oleh gletser dan ngarai, kota Hunza secara tradisional berfungsi sebagai tempat peristirahatan bagi para pelancong yang menuruni pegunungan Hindu Kush ke Vale of Kashmir. Lembah ini adalah rumah bagi macan tutul salju, kambing markhor, kambing ibex, dan rubah bergaris merah.