Apa teknik terbaik untuk membuat product roadmap?

Apa ditawarkan lebih dari kerangka kerja yang mendasari prioritas produk. Lalu, bagaimana Anda melakukan pendekatan product roadmap serta tekniknya yang berkembang dari waktu ke waktu?

Untuk memberikan jawaban terbaik untuk Anda, saya bertanya kepada Direktur Produk yang bekerja dengan saya di ChartMogul, Vinay Seshadri, perspektif apa yang akan dia berikan untuk peta jalan SaaS. Dia mematahkan nasihatnya ke dalam cerita perusahaan Anda, dari tahap awal hingga pertumbuhan ke skala, menjelaskan bagaimana tujuan produk dan pendekatan berubah di sepanjang jalan. Saya menemukan ini sangat mencerahkan!

  1. Tahap Awal: Apa yang diinginkan pelanggan

Tujuan = Mencapai Kesesuaian Pasar Produk

“Fokus terutama pada apa yang diinginkan pelanggan, tetapi selalu berdebat bagaimana.”

“Berdebat bagaimana” adalah kunci; itu keahlian tim produk. Ini menggaungkan nasihat ProdPad bahwa pendekatan Anda harus “janji untuk memecahkan masalah, bukan untuk membangun fitur.” Mereka menyarankan mendasarkan peta jalan produk Anda di sekitar tema, bukan di sekitar fitur. Permintaan fitur adalah ide yang dibatasi; tema terbuka dan penuh kemungkinan. Ketika Anda mengatur berdasarkan tema, Anda dapat mengelompokkan berbagai permintaan bersama dan menyusun solusi yang tunggal, komprehensif (dan lebih elegan) bagi pelanggan.

“Namun, pada tahap awal, kecepatan biasanya memenangkan pertanyaan ‘bagaimana’,” kata Vinay. Anda ingin bergerak cepat, sehingga solusi yang paling cepat yang layak untuk masalah atau kebutuhan akan sering menjadi prioritas.

Penting untuk diperhatikan: Selama pelanggan Anda churn tinggi, Anda belum mencapai PMF. Jadi Anda harus terus menggandakan penawaran Anda saat ini sebelum Anda mengganti strategi prioritas produk Anda.

Jika Anda ingin memoles Churn sebagai metrik, periksa Cheat Sheet Churn Rate Ultimate (SaaS).

  1. Tahap Pertumbuhan: Apa yang diinginkan perusahaan

Tujuan = Perluas pasar baru

“Setelah Anda memiliki PMF untuk satu segmen pasar, Anda perlu mundur dan melihat arah strategis. Di sini tujuan perusahaan mulai memainkan peran dalam penentuan prioritas fitur untuk roadmap. Fitur-fitur ini tidak selalu tumpang-tindih dengan apa yang diinginkan oleh pasar awal Anda. ”

Pada tahap ini, Anda akan mulai berangkat dari apa yang diminta oleh pelanggan asli Anda. Mungkin terasa berlawanan dengan intuisi, atau bahkan tidak bertanggung jawab, tetapi itu mutlak perlu jika Anda ingin tumbuh. Dan selama churn dari pasar awal Anda tidak tinggi, Anda dapat memprioritaskan lebih banyak fitur yang memenuhi tujuan pertumbuhan perusahaan, daripada fitur yang diminta pelanggan.

“Biasanya tahap awal akan memaksa Anda untuk turun dalam satu vertikal. Namun dalam tahap pertumbuhan, lebih sering daripada tidak, pendapatan dan pertumbuhan yang lebih tinggi hanya dapat dicapai dengan mendiversifikasikan penawaran Anda secara horizontal. ”

Jadi, alih-alih berfokus pada pasar awal, Anda akan memperluas untuk menyelesaikan masalah pasar yang diinginkan.

  1. Pada atau Mendekati Skala Skala: Apa yang diinginkan oleh teknik

Objective = Kelola hutang teknis

“Kecuali Anda adalah produk sederhana yang mati (yang bisa menjadi cacat kompetitif yang serius), utang teknis akan terus bertambah, karena Anda telah memprioritaskan mempercepat semua hal lainnya.”

Utang teknis ini mulai meningkatkan biaya pengembangan Anda, jadi tahap ketiga adalah tentang penanganan dan mengurangi utang ini.

Lalu apa?

“Setelah tiga tahap ini, masing-masing didominasi oleh tujuan yang berbeda (apa yang diinginkan pelanggan, apa yang diinginkan perusahaan, apa yang diinginkan oleh teknisi), Anda berharap memiliki produk stabil yang memenuhi kebutuhan beberapa segmen pasar dan juga biaya yang efektif untuk mempertahankan dan memperpanjang. Dari sana, roadmap kemungkinan akan mencakup pembagian yang adil dari ketiga jenis fitur untuk melanjutkan siklus pengembangan produk yang berkelanjutan dan stabil. ”

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang apa yang dikatakan Vinay tentang manajemen produk, lihat wawancara podcast ini. Percakapan meliputi:

Bagaimana mendefinisikan Manajemen Produk dan bagaimana peran tersebut cocok dengan bisnis SaaS

  • Apa yang harus dicari perusahaan dalam merekrut produk pertama mereka
  • Tantangan (dan manfaat) yang diterapkan oleh model SaaS pada pengembangan produk
  • Alat dan proses yang berguna untuk manajer produk
  • Metrik paling penting untuk Manajemen Produk
  • Bagaimana menjaga fokus yang tajam dalam menghadapi beberapa permintaan fitur