Apa teknik prioritas yang dapat digunakan dalam membuat produk roadmap?

Menentukan prioritas dan membuat produk roadmap akan selalu menjadi hal yang sangat penting karena merupakan salah satu acuan target tinggi yang harus di raih.

Teknik prioritas yang paling umum digunakan dan tanpa disadari sering melakukannya adalah stacked ranking, biasanya prioritas ini berupa daftar fitur-fitur yang sudah diurutkan berdasarkan expert judgement dari product manager. Idealnya, daftar tersebut merupakan hasil diskusi dengan stakeholder atau user terkait dan disetujui oleh management. Namun yang banyak terjadi adalah prioritas ini dibuat secara subjektif oleh satu orang atau bahkan hanya dibuat untuk menyenangkan stakeholder tertentu tanpa memperhatikan end user yang menggunakan product.

Adapula teknik prioritas lain yang lebih bersifat kuantitatif, diperkenalkan oleh Anthony Ulwick, Outcome-Driven Innovation framework. Singkatnya, prioritas yang diurutkan berdasarkan tingkat kepentingan (importance) dan kepuasan user saat ini (satisfaction). Setiap fitur diukur berdasarkan ukuran peluang mana yang masih underserved (fiturnya penting, sering digunakan namun tingkat kepuasannya rendah atau sulit digunakan oleh user) dan mana yang overserved.

Sumber: https://medium.com/@dhiku/menentukan-prioritas-dan-roadmap-produk-e29de06a52d0