© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa Tanda-tanda Orang yang akan Meninggal menurut Islam?

kematian

Terdapat beberapa pertanda orang yang akan meninggal. Tanda-tanda tersebut akan terlihat dalam rentang 40 hari sebelum hari kematian tiba.

Apa tanda-tanda orang yang akan meninggal menurut Islam ?

Telah kita tahu bahwa jika kita berbicara soal kematian dan kehidupan, itu semua adalah urusan Sang Maha Pencipta, Allah S.W.T. Tetapi sebagai seorang muslim, sebenarnya telah diterangkan bahwa tanda-tanda kematian dapat kita rasakan jauh hari sebelumnya.Tentunya, hanya orang-orang muslim pilihanlah yang dapat dengan sadar merasakan setiap tanda yang terjadi pada diri dan ruhnya.

Nah, berikut ini akan saya paparkan sedikit rahasia dari beberapa tanda-tanda kematian tersebut yang dirasakan dari hari ke seratus sampai sehari menjelang kematian seseorang muslim terjadi.

Tanda-Tanda Kematian Seratus Hari Sebelum Ajal

Pertama adalah tanda kematian dengan jarak 100 hari sebelum ajal menjemput. Pertanda ini biasa diawali setelah waktu Ashar. Sekujur tubuh manusia yang akan meninggal akan merasakan menggigil, bahkan rasa itu akan menyebar dari ujung ubun-ubun sampai ujung jari kaki.

Orang yang pernah merasakannya mengatakan bahwa tanda ini mempunyai rasa kenikmatan yang cukup luar biasa. Namun sebenarnya itu merupakan isyarat dari Allah kepada makhluknya bahwa ajalnya sudah semakin dekat.

Tanda-Tanda Kematian Empat Puluh Hari Sebelum Ajal

Selanjutnya tanda kematian akan terasa lagi menjelang hari ke-40 dari hari kematian seseorang. Tandanya adalah seseorang tersebut akan merasakan suatu denyutan yang berada di bagian pusar.

Waktu yang terjadi untuk tanda-tanda ini juga terjadi ba’da Ashar. Dikatakan bahwa pada saat pusar berdenyut, sebuah daun bertuliskan namanya yang berada pada Arsy telah gugur. Lalu malaikat Maut segera mengambil satu helai daun itu. Dan mulai pada saat itu, dia akan mulai mengikutimu kemanapun manusia tersebut berada.

Bahkan dikatakan, manusia tersebut yang mempunyai rasa keimanan yang cukup tinggi akan bisa melihat wujud malaikat maut tersebut walaupun hanya sekilas. Dan orang yang melihatnya biasanya akan bingung dan merasa takut karena dia tahu bahwa waktunya di dunia ini tinggal sebentar.

Tanda-Tanda Kematian pada Tujuh Hari Sebelum Ajal

Selanjutnya adalah tanda kematian yang terjadi tujuh hari sebelum maut menjemput seorang manusia. Waktu terjadinya tanda tersebut juga pada ba’da Ashar. Biasanya manusia yang akan meninggal akan merasakan perubahan pada fisiknya serta akan ada perubahan drastis pada kebiasaan yang dijalaninya selama ini.

Apa yang terjadi tujuh hari sebelum Maut menjemput? Kejadiannya juga setelah Ashar. Isyaratnya mulai dirasakan pada keadaan fisik, seperti perubahan kebiasaan. Contohnya adalah orang yang mendadak punya selera makan tinggi padahal sedang mengidap penyakit parah. Atau hAl hal lain yang di luar kebiasaan dan tidak diduga sebagai kebiasaan umum dari orang tersebut.

Tanda-Tanda Kematian Tiga Hari Sebelum Ajal

Selanjutnya tanda kematian akan manusa rasakan menjelang tiga hari sebelum ajal tiba. Pada waktu ini, seseorang yang mempunyai kepekaan serta rasa iman yang cukup tinggi akan bisa merasakan tanda datangnya kematian secara nyata.

Salah satu tanda tersebut yang dimaksud adalah denyutan pada dahi. Lebih tepatnya berada di tengah-tengah dahi kita sebagai manusia. Selain itu, jika ada oranglain melihat kita, bola mata kita juga akan kehilangan warna aslinya alias memudar dari sebelumnya. Kedua kaki kita akan terasa lebih lemah, telinga tidak lagi tegak menawan, serta hidung akan terasa sesak atau terbenam.

Jika kamu melalui masa-masa ini suat saat ini, saya sarankan agar kamu mulai berpuasa dan memperbanyak amalan shaleh lainnya. Berpuasa disini selain meningkatkan amal ibadah kita menjelang kematian juga dapat meminimalisir najis yang ada di perut kita sehingga pada saat dimandikan akan lebih muda untuk dibersihkan.

Tanda-Tanda Kematian Sehari Sebelum Ajal

Tanda-tanda ini akan terjadi sehari sebelum kita sebagai manusia meninggal. Denyutan yang akan kita rasakan di ubun-ubun akan memuncak seiring berjalannya waktu. Terutama setelah waktu Ashar. Dan biasanya ini akan menandakan seseorang tersebut tidak akan sampai melewati atau berjumpa lagi dengan waktu Ashar pada esok hari.

Tanda-Tanda Terakhir Kematian Akan Terjadi

Tanda-tanda terakhi ini merupakan waktu yang sangat krusial bagi seseorang untuk bertaubat sebelum menemui ajalnya. Tanda yang terjadi biasanya seseorang itu akan merasakan kesejukan di bagian pusar yang menjalar ke bagian pinggang sampai ke tenggorokannya. Pada masa-masa ini, saya sarankan agar kita terus mengingat dan senantiasa berdzikir menyebut nama Allah.

Usahakan pikiran harus tetap tenang serta pusatkan perhatian hanya untuk Allah yang telah menciptakan kita. Sehingga saat ajal menjemput, kita benar-benar siap dan merasakan ketenangan.

Nah, itulah beberapa tanda yang mungkin akan bisa kamu rasakan suatu saat nanti menjelang kematian. Tapi yang namanya misteri kematian, memang tak akan mudah kita ungkapkan walau kita mengerti dan tahu ilmu tentang tanda kematian ini.

Namun dengan mengetahui hal ini, saya harap anda sekalian para pembaca bisa belajar dan juga bersiap dalam menghadapi setiap kematian. Bahwa kita memang akan kembali kepada Allah dan pada saat itu, kita benar-benar siap dengan keimanan yang baik dan setia menemani kita.

Kematian (ajal) adalah hal yang pasti terjadi pada setiap makhluk yang bernyawa, tidak ada yang mengetahui kapan dan di mana ia akan menemui ajal, dalam keadaan baik atau buruk. Bila ajal telah tiba maka maka tidak ada yang bisa memajukan ataupun mengundurkannya. Setiap Muslim wajib mengingat akan datangnya kematian, bukan hanya karena kematian itu merupakan perpisahan dengan keluarga atau orang-orang yang dicintai, melainkan karena kematian merupakan pertanggung jawaban atas amal yang dikerjakan selama orang tersebut hidup di dunia. Tiap manusia sudah ditentukan ajalnya sendiri-sendiri oleh Allah swt, hanya saja manusia tidak mengetahui kapan ajal itu akan datang, dan dimana tempatnya ia menghembuskan nafas penghabisan.

Adapaun tanda-tanda datangnya kematian adalah :

  1. Mati kurang 3 tahun: seseorang itu merasa payah dan bosan untuk hidup
  2. Mati kurang 2 tahun: seseorang memiliki rindu kepada orang yang sudah mati
  3. Mati kurang 1 tahun: seseorang sering melihat apa yang tidak bisa dilihat
  4. Mati kurang 6 bulan: seseorang sering mendengar percakapan makhluk halus
  5. Mati kurang 3 bulan: seseorang sering mencium bau makhluk halus
  6. Mati kurang 40 hari : urat-urat terasa kaku dan ruas-ruas terasa sakit
  7. Mati kurang 15 hari: seseorang sudah malas berbuat sesuatu
  8. Mati kurang 7 hari: seseorang sudah tidak suka apa-apa
  9. Mati kurang 3 hari: badan luar dalam terasa sakit semua
  10. Tepat hari kematian: kulit berubah dan badan terasa dingin

Referensi :

  • Media Hindu, Edisi 93 Nopember 2011, No ISSN 0216-4639, yang ditulis oleh Priyo Anggoro dengan Judul Kepercayaan Orang Jawa Dalam Menghadapi Dunia Kematian..
1 Like