Apa tanda - tanda hewan anjing terkena gejala Othematoma?

Hematoma pada telinga merupakan suatu kejadian keabnormalitas daun telinga dimana terjadi pengumpulan darah di dalam kulit daun telinga karena adanya pembuluh darah yang pecah pada daerah telinga sehingga darah mengumpul dan tidak bisa mengalir keluar.

Hewan peliharaan yang menderita hematoma pada telinga akan menunjukkan cairan pembengkakan pada semua atau sebagian dari flap telinga atau pinna. Kadang-Kadang pembengkakan akan tampak tegas, lembut dan pinna terlihat merah, hangat saat disentuh. Diagnosanya dapat dilakukan selama pemeriksaan fisik. Pemeriksaan dapat juga dilakukan dengan memeriksa saluran telinga guna mendapat sampel untuk diperiksa dibawah mikroskop untuk tanda-tanda parasit atau infeksi. Hematoma aural pada anjing ditandai oleh sejumlah tanda dan gejala.
Terkadang juga ditemukan pembengkakan yang berada di dasar telinga anjing Anda. Seperti telah disebutkan sebelumnya, anjing akan sering menggeleng dan menggaruk telinganya. Kepala anjing akan miring ke satu sisi. Anjing akan menunjukkan tanda-tanda yang jelas dari rasa sakit dan ketidaknyamanan saat kita menyentuh telinga anjing tersebut. Anjing dengan pinna yang menggantung (panjang, telinga berat) cenderung memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami hematoma aural. Anjing dengan infeksi telinga luar (otitis externa) atau infeksi telinga tengah (otitis media), dan yang menderita infestasi parasit, cenderung akan sangat mendukung terjadinya aural hematoma. Anjing yang tinggal di tempat yang panas, iklim lembab juga mengalami peningkatan resiko terhadap hematoma aural.