Apa tanda - tanda bayi tumbuh gigi?

Pertumbuhan dan perkembangan si kecil pasti memberikan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Namun rupanya ada beberapa gangguan pada bayi ketika bayi akan mengalami pertumbuhan tertentu. Dan bisa jadi orang tua malah cemas berlebihan jika bayi mereka mengalami beberapa gejala tertentu. Padahal bisa jadi semua itu adalah tanda tanda bayi tumbuh gigi yang sebenarnya tidak perlu dicemaskan berlebihan. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tanda gigi bayi akan tumbuh yang perlu diketahui oleh orang tua.
640xauto-teether-rangsang-tumbuh-kembang-gigi-bayi-benarkah-140911r

beberapa tanda gigi bayi akan tumbuh yang perlu diketahui oleh orang tua.

  1. Kenali usia gigi tumbuh pada bayi
    Tentunya untuk mengetahui apakah bayi akan tumbuh gigi atau tidak, orang tua perlu mengetahui pada usia berapakah gigi bayi mulai tumbuh. Ternyata gigi bayi akan tumbuh bisa terjadi di usia bayi yang menginjak 6 bulan. Namun ada juga beberapa bayi yang mengalami pertumbuhan lebih cepat atau lebih lambat, misalnya di usia 4 bulan atau bahkan di usia 12 bulan. Kenali juga Ciri Gigi Bayi Tonggos agar bisa mengantisipasi sejak dini.

  2. Produksi air liur bertambah
    Tanda tanda bayi tumbuh gigi yang paling terlihat adalah bayi lebih mudah mengeces alias mengeluarkan air liur secara berlebihan dari biasanya. Kondisi ini memang wajar, karena saat gigi bayi akan tumbuh, bayi akan mengalami produksi air liur yang bertambah.

  3. Batuk atau muntah
    Pada dasarnya, bayi belum bisa benar-benar mengendalikan otot-otot pada tubuhnya. Demikian pula dengan susunan saraf di sekitar mulut dan tenggorokannya yang belum sempurna. Sehingga, ketika air liur berlebihan berada di dalam mulutnya, bisa jadi bayi akan mudah tersedak. Hal ini yang sering menyebabkan bayi mudah batuk atau bahkan muntah saat akan tumbuh gigi.

4.Rewel
Tanda tanda bayi tumbuh gigi selanjutnya adalah bayi bisa jadi menjadi lebih rewel. Kondisi rewel pada bayi yang akan tumbuh gigi juga bukan merupakan gejala penyakit tertentu, karena bisa jadi memang ada rasa tidak nyaman di mulutnya saat gigi akan tumbuh. Saat akan tumbuh gigi memang akan ada jaringan di gusi yang seperti terkena radang atau sariawan. Maka dari itu kenali Cara Mengobati Sariawan pada Bayi agar bayi tidak rewel.

  1. Suka menggigit
    Bayi yang akan tumbuh gigi juga bisa jadi akan lebih sering menggigit. Bahkan benda-benda di sekitarnya juga bisa jadi lebih sering untuk digigit oleh si bayi. Bahkan saat minum ASI pun bisa jadi bayi juga menggigit-gigit. Jika kondisi ini terjadi pada bayi, maka bisa dipastikan bahwa kemungkinan gigi bayi memang akan tumbuh. Coba perhatikan bagian rahang dan gusi bayi karena biasanya akan ada tanda sebelum gigi tumbuh di gusi bayi.

sumber: https://halogigi.com/