Apa tanaman yang cocok jika rumah saya sangat kurang mendapatkan cahaya matahari?

image

Rumah saya terletak di gang Buntu dan tidak memiliki halaman, sinar matahari masuk sangat minim hanya melalui celah-celah atap saja tidak maksimal ?



Tanaman paperomia bisa. Tanaman ini menyukai kelembaban dan bisa ditempatkan ditempat yang terkena cahaya secara tidak langsung. Jadi untuk tempat di daerah gang sempit mungkin bisa. Terima kasih

Mungkin solusinya adalah mencari tanaman yang habitat asalnya memang tidak terlalu membutuhkan cahaya, seperti tanaman yang berasal dari daerah sub tropik atau bahkan didaerah lingkar kutup seperti Skandinavia atau juga di Amerika Selatan. Semisal Tillandsia yang hidup diwilayah Argentina.

Mungkin ada contoh lain kak Gilang, selain Tillandsia, khususnya yang berasal dari daerah sub tropik atau lingkar kutub

Mungkin bisa coba beberapa tanaman seperti peace lily, sirih belanda (money plant), monstera atau calathea. Untuk tanaman peace lily sendiri emang dominan cahaya terang walau di dalam rumah tp beberapa varietasnya bisa beratahan di cahaya matahari yang minim kok. Atau bisa juga coba jenis calathea, calathea sendiri banyak banget sih jenisnya tapi ada beberapa yang perawatannya gak rewel kok yang penting rutin aja untuk penyiramannya dan disesuaikan dengan suhu dan kondisi ruangan.

Karena saya mengatakan mungkin, jadi saya tidak dapat menjamin juga akan cocok tumbuh didaerah tropis. Tetapi mungkn ada contoh seperti ericaceae. Untuk lebih jelasnya mungkin bisa ditanyakan ke orang yang lebih faham, karena saya juga kurang menguasai tentang tanaman

Hai kak mungkin bisa tanam syngonium, pohon dolar (zz plant), sansivera, Sri gading, peace lily. Saya pengalaman menyimpan tanaman diatas di tempat yang minim cahaya, namun tetap hidup walaupun pertumbuhannya menjadi lambat, namun bukan berarti bisa bertahan hidup tanpa ada cahaya matahari sama sekali ya kak, karena tanaman membutuhkan cahaya matahari untuk berfotosintesis. Untuk referensi lainnya bisa kakak cari di pinterest atau youtube dengan keyword “low light plants”.

Hai kak, menurut pengalaman saya, tanaman sirih gading nggak membutuhkan banyak cahaya. Selain perawatannya yang nggak ribet, tanaman sirih gading juga nggak memakan banyak tempat. Biasanya ditanam menggunakan pot gantung

Jika rumah yang sangat minim pencahayaan atau sama sekali tidak ada celah matahari yang bisa masuk maka tanaman hias madagascar dragon tree (Dracaena marginata) bisa menjadi solusinya. Karna tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang bisa hidup baik bahkan ditempat gelap sekalipun tanpa cahaya matahari.



Perawatannya cukup mudah seperti :

  1. Semprot daun 1-2 kali seminggu untuk mencegah datangnya hama,
  2. jangan siram pohon secara berlebih,
  3. Pangkas jika daun sudah terlalu lebat
  4. Yang terakhir cukup bawa tanaman sesekali untuk dijemur guna mencegah jamur dan busuk akar namun tidak disarankan terkena sinar matahari langsung.

Tanaman ini juga sangat cocok untuk mempercantik ruangan indoor kamu.

20191022_090443

Mungkin bisa mencoba menanam tanaman lili paris, karena tanaman tersebut tidak memerlukan sinar matahari yang berlimpah dan jika tanaman ini terkena sinar matahari langsung daunnya akan terbakar. Biasanya tanaman ini juga tetap bisa tumbuh walaupun diletakkan di kamar mandi ataupun kamar tidur. Lili paris juga memiliki tingkat penyinaran yang sedang dan kelembaban yang tinggi.

Ada beberapa tanaman hias yang mampu beradaptasi dengan minimnya cahaya matahari dan sangat cocok jika tanaman hias tersebut diletakkan dalam suatu ruangan (indoor). Adapun manfaat dari tanaman hias di dalam ruangan selain mempercantik interior rumah juga mudah untuk melalukan pengontrolan tanaman hias tersebut. Berikut adalah macam-macam tanaman hias yang mampu beradaptasi dengan minimnya cahaya:

1. Suplir (Adiantum cuneantum)

1. suplir

Suplir termasuk kelompok Paku-pakuan. Banyak dijadikan tanaman hias, karena daunnya indah dan nampak segar bila dipandang. Daunnya kecil, majemuk. Berwarna hijau segar. Menyukai pada tempat yang lembab, udara bersih, dan **sedikit** **sinar matahari**

2. Sri Gading – Corn Plant (Dracaena Fragrans)


Sirih gading adalah tanaman hias cantik yang bisa kamu tanam di dalam rumah. Ada sekitar 50 spesies di antaranya. Sangat mudah menanam tanaman sirih gading. Pemangkasan sesekali diperlukan dan penyiraman teratur penting untuk dracaena. Jauhkan tanaman ini dari sinar matahari langsung dan hindari penyiraman yang berlebihan.

3. Palem Parlor – Parlor Palm

3. Palem Parlor

Palem Parlor adalah tanaman hias yang sangat baik untuk hampir semua situasi. **Mereka bisa tumbuh bahkan di sudut-sudut suram di mana tidak ada tanaman lain yang bisa tumbuh**. Mereka hanya membutuhkan perawatan minimal dan cahaya sedang.

4. Pohon Dolar – ZZ Plant (Zamioculcas)

4. Pohon Dolar

Pohon dolar tidak hanya terlihat sangat bagus dengan dedaunannya yang atraktif dan mengkilap. Pohon dolar adalah tanaman yang bisa kamu andalkan berkaitan dengan **sinar matahari rendah**. ZZ tumbuh dengan baik pada cahaya tidak langsung dan benar-benar menyukai area rumah yang teduh. Satu-satunya persyaratan perawatannya adalah lingkungan yang hangat.
Referensi

Widyastuti, T. (2018). Teknologi Budidaya Tanaman Hias. Yogyakarta: Penerbit CV Mine