Apa syarat yang dibutuhkan agar data bisa saling terhubung?

Pengumpulan data dari suatu sistem memang sangat dibutuhkan tetapi agar data tersebut bisa terhubung satu sama lain harus memiliki syarat, sehingga apa saja syarat yang dibutuhkan agar data bisa saling berhubungan ?

image

Dalam pengumpulan suatu data yang sudah ada kita dapat menggunakan cara seperti mencari data yang sudah ada pada database, didalam database yang saling terhubung itu kita bisa menggunakan server atau bisa kita sebut database server.

Database server adalah program komputer yang menyediakan layanan data lainnya ke komputer atau program komputer, seperti yang ditetapkan oleh model klien-server. Istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer yang didedikasikan untuk menjalankan program server database. Database sistem manajemen database yang sering menyediakan fungsi server, dan beberapa DBMSs secara eksklusif bergantung pada model klien-server untuk mengakses data.

Dengan layanan dari Database Server memungkinkan data bisa saling terhubung dengan kata lain Database Server juga memiliki fungsi lain.

Fungsi Database Server :

  1. Semua data untuk organisasi dapat disimpan di satu lokasi.

  2. Database server menambahkan tingkat keamanan data.

  3. Database server menyediakan layanan database management service dimana data disusun

  4. Dengan cara tertentu sehingga meningkatkan pencarian dan pengambilan data.

  5. Beberapa client dapat mengakses data yang disimpan di database server dalam satu waktu tanpa saling menggangu satu sama lain.

SUMBER :

image

1. Dukungan hardware

Hardware (Perangkat Keras Komputer)

  • CPU atau disebut juga dengan processor, minimal Pentium I yang mempunyai prekuensi 100 MHz disarankan lebih tinggi lebih baik, dan apa bila lebih rendah maka itu berpengaruh pada proses kerja komputer akan lambat.

  • RAM (random acces memory)atau disebut juga memori, minimal menggunakan 16 MB (mega byte) tetapi bagus nya lagi 32 MB dan disarankan 64 MB, bila lebih tinggi maka lebih bagus untuk kerjanya komputer akan lebih cepat lagi.

  • Hard disk, sebagai tempat menyimpan program-program komputer baik itu program system, aplikasi, browser atau program pendukung dalam internet. Dan harddisk juga dapat untuk menyimpan file-file yang diambil (download) dari internet.

  • VGA (Video Grafik Array)
    yang berfungsi untuk memberikan tampilan ke layar, vga minimal 1 MB tetapi lebih tinggi lebih baik, apa lagi bila ada tampilan yang memerlukan resolusi tinggi misalkan 64 MB atau 128 MB.

  • Sound Card
    , yang berfungsi untuk menampilkan data berbentuk suara ke dalam speaker, karena bila kita menampilkan mp3 atau film atau tampilan lainnya dalam internet bisa kita langsung didengarkan suaranya.

  • Monitor
    , minimal 14 inci lebih besar lebih bagus akan memberikan keleluasaan kita dalam melakukan editing (penyuntingan).

2. Dukungan software

Software (Perangkat Lunak Komputer)

Perangkat lunak merupakan program-program komputer yang dapat mengoperasikan dan memaksimalkan kerjanya komputer. Ada beberapa program yang diperlukan diantaranya:

  • Program Sistem,
    Merupakan system operasi dalam komputer yang dapat mengaktifkan dan mendeteksi semua perangkat-perangkat yang terhubung dalam komputer baik hardware maupun software.

  • Program Aplikasi,
    misalnya software grafis contoh Corel Drow, Photo Editor, Adobe Photoshop, dan lain-lain.

  • Program Browser,
    program inilah yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan internet dan yang dapat membuka halaman-halaman web dalam internet.

  • Program E-mail, adalah program yang difungsikan untuk menerima dan mengirim e-mail yang ada dalam internet.

*** Program Chatting,** adalah program untuk berkomunikasi dalam internet bisa melalui tulisan atau bisa juga dengan suara bahkan bisa langsung kelihatan gambarnya atau avatar kita dalam program tersebut

SUMBER :sunny: