Apa syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam membuat anggaran yang baik?

Anggaran adalah suatu rencana terinci yang dinyatakan secara formal dalam ukuran kuantitatif untuk menunjukkan bagaimana sumbersumber akan diperoleh dan akan digunakan selama jangka waktu tertentu, umumnya satu tahun. Kegiatan penyusunan anggaran ini dinamakan penganggaran.

Apa syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam membuat anggaran yang baik ?

Program anggaran akan berhasil apabila memenuhi syarat-syarat pokok sebagai berikut:

  1. Organisasi Perusahaan yang Sehat
    Organisasi yang sehat adalah organisasi yang disusun berdasarkan sistem organisasi tertentu, dapat mengadakan pembagian tugas fungsional dengan jelas, dan menentukan garis wewenang dan tanggung jawab dengan tegas.

  2. Sistem Akuntansi yang Memadai
    Keberhasilan program anggaran harus didukung oleh sistem akuntansi yang memadai, meliputi:

    • Penggolongan rekening yang sama antara anggaran dengan realisasi yang akan dicatat oleh akuntansi, sehingga antara anggaran dengan realisasi dapat diperbandingkan.
    • Pencatatan akuntansi terhadap transaksi akan memberikan informasi dari realisasi anggaran.
    • Laporan yang disajikan dapat dibuat sesuai dengan penentuan tingkat pertanggungjawaban dari bagian atau individu di dalam perusahaan.
  3. Penelitian dan Analisa
    Penelitian dan analisa diperlukan untuk menetapkan alat pengukur prestasi, yang dapat berupa standar atau taksiran, sehingga anggaran dapat dipakai dasar analisa untuk mengukur prestasi yang baik.

  4. Dukungan dari Para Pelaksana
    Anggaran dapat berjalan baik apabila ada dukungan aktif dari para pelaksana dari tingkat alas maupun bawah, hal ini menyangkut hubungan antar manusia dalam melaksanakan kegiatan, oleh karena itu patokan yang dipakai mengukur prestasi dengan adil harus dimiliki.