Apa Supergugus Galaksi Terbesar di Alam Semesta ?

Supergugus galaksi

Supergugus galaksi adalah kumpulan dari puluhan gugus galaksi yang masing-masing memiliki puluhan galaksi. yang saya tanyakan adalah apakah supergugus galaksi terbesar di alam semesta ?

Sekelompok astronom India baru-baru ini telah berhasil menemukan sebuah supergugus galaksi baru yang sangat besar yang berjarak 4 miliar tahun cahaya di rasi bitang Pisces. Supergugus galaksi yang dinamai sebagai Saraswati tersebut membentang selebar 600 juta tahun cahaya dan memiliki massa sekitar 20.000 kali galaksi Bimasakti.

Penemuan tersebut, yang dilaporkan dalam Astrophysical Journal, telah membuat pertanyaan besar dalam kosmologi saat ini. Supergugus galaksi tersebut, secara teori, terlalu besar untuk berada di tempat yang hanya 10 miliar tahun setelah Big Bang. Saraswati berisi total 43 gugus galaksi, dan menurut model saat ini, seharusnya ia tidak bisa sebesar itu.

“Pekerjaan kami akan membantu menjelaskan pertanyaan yang membingungkan ini; Bagaimana objek berskala besar yang ekstrem seperti itu bisa terbentuk miliaran tahun di masa lalu ketika energi gelap yang misterius baru saja mulai mendominasi pembentukan struktur tersebut,” kata pemimpin studi ini, Joydeep Bagchi, dari India Institute of Science Education and Research.

Ketika para astronom melihat jauh ke pelosok alam semesta, secara otomatis mereka sedang melihat ke masa lalu alam semesta karena cahaya membutuhkan waktu untuk mencapai pengamatan kita. Dengan begitu, dari jarak yang telah dihitung dan diketahui, supergugus galaksi Saraswati teramati saat alam semesta berusia 10 miliar tahun.

Sebelumnya, kelompok astronom lain memang telah menemukan supergugus galaksi yang relatif besar yang telah dikonfirmasi keberadaannya, misalnya, gugus galaksi Shapley ataupun ‘Sloan Great Wall’. Namun, supergugus galaksi Saraswati menjadi topik penelitian karena ia berjarak lebih jauh dari dua supergugus galaksi tadi.

Bukan tanpa alasan tim astronom India ini menamai supergugus galaksi yang ditemukannya dengan nama “Saraswati”. Sebab, Saraswati sendiri adalah nama dewi pengetahuan, musik, seni, kebijaksanaan, dan alam dalam budaya India.

Galaksi kita sendiri, Bimasakti, adalah bagian dari sebuah supergugus galaksi yang disebut sebagai supergugus galaksi Laniakea, yang diumumkan keberadaannya pada tahun 2014 oleh astronom Brent Tully dan rekan-rekannya dari University of Hawaii.

Dengan penemuan ini, kini supergugus galaksi Saraswati dianggap sebagai sebuah struktur terbesar di alam semesta yang diketahui hingga saat ini.

Referensi