Apa solusi yang bisa kalian berikan jika tiba-tiba laptop terkena virus

Mungkin banyak dari kita yang pernah mendapatkan virus di komputer. Apa solusi yang kalian lakukan jika laptop anda terkena virus?

Solusi dari saya, jika laptop terkena virus kita tidak perlu langsung untuk melakukan instal ulang. Banyak cara yang bisa kita lakukan selain meng-instal ulang PC/Laptop anda. Hal yang dapat di lakukan adalah :

  1. Memasang Antivirus pada Pc/Komputer
  2. Menghapus Program yang tiba tiba ter-unduh sendiri
  3. Segera putus sambungan internet anda
  4. Melakukan Back-up data melalui hardware, jangan melalui software

Berikut adalah beberapa cara yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.

Solusi saya jika laptop saya terkena virus, saya akan melakukan :

  1. Membeli antivirus berbayar
    Terkadang kita malas untuk membeli suatu aplikasi berbayar, namun perlu di ketahui antivirus berbayar pun memberi keamanan yang baik dan juga antivirus berbayar tidak semahal yang dibayangkan karena antivirus berbayar jangka waktu berlakunya cukup lama. Ada yang 1-2 tahun. Contohnya McAfee

  2. Melakukan Scannig secara berkala
    Scanning secara berkala dapat meminimalisir kita menemukan virus di pc/computer.Kita tidak pernah tahu kapan virus masuk pada laptop, bisa melalui Flahdisk teman dan bisa juga melalui internet.

  3. Jangan mendownload sembarang aplikasi
    Banyak aplikasi yang terdapat di internet yang bisa kita download secara gratis. Namun, perlu diketahui kita tidak tahu apakah aplikasi itu aman atau tidak karena banyak sekali aplikasi yang didalamnya ternyata menyebarkan virus saat aplikasi itu dijalankan.

  4. Waspada Terhadap Media Penyimpanan seperti Flahdisk dan Memori Card
    Virus paling banyak masuk pada media penyimpanan seperti Flashdiks ataupun Memori Card. Waspada-lah pada kedua media penyimpanan removable tersebut. Jika misalnya Laptop anda di tancapin dengan Flashdisk teman anda, pastikan anda scan penuh dengan antivirus terbaik. Jangan hanya mengandalkan antivirus lokal seperti Smadav, karena itu hanyalah antivirus gratisan yang tidak cukup baik.

    Jenis antivirus yang sering ada pada Flashdisk biasanya yakni Autorun atau virus shortcut. Virus jenis ini sering kali merusak dokumen, menjadikan semua dokumen apapun seperti Shortcut dan tidak bisa dibuka. Virus ini sulit sekali dihapus jika anda hanya mengandalkan antivirus lokal, solusi terbaik yakni gunakan antivirus populer seperti AVG atau Avira.

https://dianisa.com/cara-mencegah-dan-mengatasi-virus/

Tergantung dari jenis virus yang menyerang sistem kita

Namun secara umum yang akan saya lakukan cukup sederhana

Dimulai dari melakukan pemeriksaan dengan antivirus.
Antivirus adalah program yang digunakan untuk memeriksa setiap file yang ada di dalam media penyimpanan di sistem kita.

Kemudian memeriksa segala registry yang rusak.
Registry adalah alat pendukung dalam mengoptimalkan kinerja antara software dan hardware.

Setelah itu biasanya saya akan membersihkan cache dan mendefrag penyimpanan.
Memang yang ini hampir tidak ada hubungannya dengan menangani virus, namun cara ini dapat dilakukan jika anda merasa sistem anja menjadi sangat lamban dalam merespon input dan setelah scanning penyimpanan dengan antivirus
Jika masih terasa lamban anda bisa mencoba untuk mendefrag nya
Defraging sendiri artinya menata setiap file yang ada di dalam penyimpanan sistem kita agar mudah untuk dibaca sistem operasi. Jika kalian memakai SSD untuk media penyimpanan nya maka cara ini tidak perlu diperhatikan

Yang terakhir mengaktifkan firewall dan mengatur jaringan komputer menjadi ‘metered connection’
‘Metered connection’ disini dapat mencegah program sistem untuk terhubung dengan jaringan internet jika kita tidak mengaktifkan program tersebut. Yang akan mengurangi resiko terkena vidus kedepannya