Apa solusi untuk tingkatkan kualitas pertanian Indonesia?

Anak-anak muda merupakan solusi yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pertanian Indonesia. Selain untuk melakukan regenerasi petani muda, anak-anak muda dipercaya memiliki banyak ide kreatif untuk menciptakan produk inovatif yang bernilai jual tinggi. Jadi, bagaimana menurut temen-temen? Sebagai anak-anak muda Indonesia solusi seperti apa yang temen-temen akan lakukan untuk meningkatkan kualitas pertanian kita ini? Terima kasih.

1 Like

izin menjawab kak. Ada berbagai macam solusi agar Indonesia menjadi negara penghasil padi nomor 1 didunia, salah satunya adalah Urban Skyfarm. Urban Skyfarm adalah solusi dari masalah lahan pertanian yang semakin berkurang. Konsep ini merupakan inovasi baru yang mengusung sistem perkebunan vertikal. Konsep ini ditawarakan oleh April Design Studio untuk mengadakan lahan hijau didaerah perkotaan. Keuntungan konsep ini adalah produk pertanian dapat langsung dipasarkan ke kota sehingga menghemat biaya distibusi. Urban Skyfarm merupakan konsep perkebunan yang dibangun di sekitaraan Seoul, Korea Selatan, dimana daerah tersebut merupakan pusat bisnsis dan kota industri bagi Korea Selatan.
Selain itu, Indonesia perlu mendorong dan mendukung produksi drone pembasmi hama, untuk mengurangi tenaga petani dengan memanfaatkan teknlogi yang ada

Pertanian yang adaptif dengan teknologi akan bermanfaat baik bai kualitas pertanian di Indonesia, namun bisa saja hal ini mempengaruhi lapangan pekerjaan dari petani tersebut, sehingga perlu adanya keseimbangan sosial dan ekonomi.

1 Like