Apa solusi untuk mengatasi kulit kepala mengelupas?

Ketombe dan kulit kepala mengelupas sering ‘bekerjasama’ mengancam kepercayaan dirimu. Apa solusi untuk mengatasi kulit kepala mengelupas?

  1. Mengganti shampoo.
    Kunci dari kulit kepala sehat adalah mencuci rambut secara rutin. Kamu bisa saja menggunakan shampoo biasa, namun akan lebih efektif jika kamu menggunakan shampoo anti ketombe untuk permasalahan khusus ini. Ingat, bahwa akar dari kulit kepala mengelupas adalah kondisi kulit kepala yang tidak sehat.

  2. Jangan gunakan conditioner hingga ke kulit kepala.
    Kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang ini bisa dimaklumi. Biasanya ini terjadi karena kamu terobsesi ingin melindungi seluruh batang rambut hingga ke akar agar rambut lembut merata. Padahal hal ini sangat tidak dianjurkan. Conditioner yang mengendap dan tidak terbilas dengan benar akan membuatnya menumpuk pada kulit kepala. Selain membuat kulit kepala berminyak, endapan ini akan menjadi kotoran dan akhirnya mengelupas. Cukup pakai conditioner di bagian tengah hingga ujung rambut karena rambut pada bagian pangkal masih terbilang baru dan kuat.

  3. Perawatan dengan minyak kelapa.
    Minyak kelapa mengandung nutrisi dan lemak yang baik untuk melembapkan kulit, termasuk kulit kepala. Untuk melembapkan kulit kepala mengelupas yang biasanya berawal dari kering, kamu bisa mencoba perawatan dengan minyak kelapa seminggu sekali. Namun caranya harus benar ya! Setelah keramas, lumuri minyak kelapa di kulit kepala sembari dipijat perlahan. Diamkan 15 menit lalu bilas dengan air hangat suam-suam kuku agar minyaknya luntur. Setelahnya, gunakan conditioner dan bilas dengan air dingin.

  4. Eksfoliasi dengan gula.
    Gula untuk merawat rambut? Trik ini memang belum banyak yang tahu, namun tekstur gula yang dapat bekerja seperti scrub dipercaya dapat mengeksfoliasi kulit kepalamu dengan lembut dan memberikan kelembapan untuk rambut. Caranya campurkan dua sendok gula pasir ke dalam shampoo yang kamu gunakan lalu pijat perlahan. Bilas sampai benar-benar bersih, lalu ulangi mencuci rambut dengan shampoo sekali lagi. Hindari menggaruk dengan kuku karena akan membuat kulit kepala menjadi makin berketombe. Gunakan perawatan ini minimal 2 minggu sekali hingga kulit kepala kembali normal.

  5. Kreatif dengan gaya rambut.
    Ketombe tentu sulit ditutupi karena menempel pada rambut yang berwarna hitam. Untuk menutupinya kamu harus bijak dalam memilih gaya rambut. Hindari model rambut kepang atau cepol karena akan membuat ketombe semakin terlihat. Kamu bisa menggunakan head band warna-warni pada rambut atau menggunakan turban.

Sumber: