Apa Sih Peran Public Relations di Perpolitikan?

Dunia public relations mungkin dikenal dengan dunia pencitraan yang erat kaitannya dengan korporasi. Public Relations yang bisa disebut dengan "Humas atau Hubungan Masyarakat” di mata publiknya. Namun lebih dari itu, Public Relation memiliki fungsi strategis yang justru dapat memberikan peranan dalam berbagai bidang ilmu lainnya. Dunia politik misalnya, dunia yang sarat akan kontroversi ini juga memiliki hubungan yang erat kaitannya dengan Public Relations.

Politik mempelajari negara, tujuan negara, lembaga-lembaga negara, serta hubungan antar negara dengan warga negaranya ataupun dengan negara lain. Dengan demikian dalam praktiknya, politik jelas membutuhkan PR untuk membina hubungan baik antara pemerintah dengan warganya ataupun negara lain. PR dalam ranah ini pun biasa disebut PR politik.

Dunia politik Indonesia merupakan dunia dimana para politisi “memainkan perannya” dalam kekuasaan yabg mereka miliki. Tentu saja hal tersebut pun menjadikan dunia politik menghadirkan sejumlah cerita dengan begitu banyak peran diantara berbagai kekuatan politiknya. berbagai peran yang disuguhkan melalui media pun membentuk berbagai sentimen ataupun opini publik. Tak heran jika saat ini politisi pun seakan berlomba untuk menampakan namanya demi peran yang dimainkan tersebut. Berbagai motif pun hadir dalam ranah ini.

Dengan kindisi politik Indonesia tersebut, PR pun seharusnya dapat masuk sebagai koalisi dominan dalam dunia politik. terlebih fungsi advokasi PR pun dapat menjadikan PR politik sebagai pendamping pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam menghadapi berbagai situasi politik Indonesia. PR menekan adanya komunikasi timbal balik. inilah yang menunjukan bahwa PR memiliki ciri demokrasi, yang mengahargai setiap aspirasi publiknya. PR membangun sebuah komunikasi yang baik, jujur, terbuka, dan sesuai realitas. untuk itu, PR politik berbeda dengan propaganda dan agitasi (beroperasi untuk membangkitkan rakyat kepada suatu gerakan, terutama gerakan politik ) politik karena PR politik menggunakan komunikasi dua arah.

Selain itu, PR politik pun memberikan fungsinya dalam partai politik, salah satunya dengan menganalisis kebijakan apa yang sesuai untuk menangani sejumlah persoalan yang terjadi.

Untuk itu, sadar atau tidak peranan PR dalam dunia politik diperlukan. PR yang selalu menekankan pada adanya partisipasi publik, dirasa perlu untuk menggandeng dunia poliik. PR politik tidaklah hanya untuk membentuk opini publik yang menguntungkan, namun juga memupuk opini publik, dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta aspirasi publik. Dengan demikian, jelas bahwa PR harusnya hadir untuk mengawal pemerintahan negeri ini.

Kalau menurut Youdics apa peran PR dalam dunia politik?

sumber https://www.kompasiana.com/reskypardosi/593b994dcf92735a38e3ba85/peranan-pr-dalam-dunia-politik