Apa Sih Peran Public Relations di Perpolitikan?

Dunia public relations mungkin dikenal dengan dunia pencitraan yang erat kaitannya dengan korporasi. Public Relations yang bisa disebut dengan "Humas atau Hubungan Masyarakat” di mata publiknya. Namun lebih dari itu, Public Relation memiliki fungsi strategis yang justru dapat memberikan peranan dalam berbagai bidang ilmu lainnya. Dunia politik misalnya, dunia yang sarat akan kontroversi ini juga memiliki hubungan yang erat kaitannya dengan Public Relations.

Politik mempelajari negara, tujuan negara, lembaga-lembaga negara, serta hubungan antar negara dengan warga negaranya ataupun dengan negara lain. Dengan demikian dalam praktiknya, politik jelas membutuhkan PR untuk membina hubungan baik antara pemerintah dengan warganya ataupun negara lain. PR dalam ranah ini pun biasa disebut PR politik.

Dunia politik Indonesia merupakan dunia dimana para politisi “memainkan perannya” dalam kekuasaan yabg mereka miliki. Tentu saja hal tersebut pun menjadikan dunia politik menghadirkan sejumlah cerita dengan begitu banyak peran diantara berbagai kekuatan politiknya. berbagai peran yang disuguhkan melalui media pun membentuk berbagai sentimen ataupun opini publik. Tak heran jika saat ini politisi pun seakan berlomba untuk menampakan namanya demi peran yang dimainkan tersebut. Berbagai motif pun hadir dalam ranah ini.

Dengan kindisi politik Indonesia tersebut, PR pun seharusnya dapat masuk sebagai koalisi dominan dalam dunia politik. terlebih fungsi advokasi PR pun dapat menjadikan PR politik sebagai pendamping pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam menghadapi berbagai situasi politik Indonesia. PR menekan adanya komunikasi timbal balik. inilah yang menunjukan bahwa PR memiliki ciri demokrasi, yang mengahargai setiap aspirasi publiknya. PR membangun sebuah komunikasi yang baik, jujur, terbuka, dan sesuai realitas. untuk itu, PR politik berbeda dengan propaganda dan agitasi (beroperasi untuk membangkitkan rakyat kepada suatu gerakan, terutama gerakan politik ) politik karena PR politik menggunakan komunikasi dua arah.

Selain itu, PR politik pun memberikan fungsinya dalam partai politik, salah satunya dengan menganalisis kebijakan apa yang sesuai untuk menangani sejumlah persoalan yang terjadi.

Untuk itu, sadar atau tidak peranan PR dalam dunia politik diperlukan. PR yang selalu menekankan pada adanya partisipasi publik, dirasa perlu untuk menggandeng dunia poliik. PR politik tidaklah hanya untuk membentuk opini publik yang menguntungkan, namun juga memupuk opini publik, dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta aspirasi publik. Dengan demikian, jelas bahwa PR harusnya hadir untuk mengawal pemerintahan negeri ini.

Kalau menurut Youdics apa peran PR dalam dunia politik?

sumber Peranan PR dalam Dunia Politik - Kompasiana.com

Peran Public Relations atau hubungan masyarakat dalam kehumasan politik itu sendiri yaitu untuk membangun lagi kepercayaan dan memperbaiki hubungan dengan masyarakat dan media, agar proses komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat berjalan baik.

Apabila hal tersebut dilakukan juga diharapkan terjadi performa politik yang efektif untuk kepentingan publik.

beberapa hal yang bisa dilakukan dalam membangun strategi komunikasi politik diantaranya yaitu:

  1. membangun brand
    Hal ini dilakukan untukk membentuk karakter lembaga atau politisi untuk membuatnya memiliki keunikan dan mendapatkan perhatian masyarakat karena keunikannya tersebut.

  2. Kelola pesan
    Public relations atau hubungan masyarakat dalam dunia politik tentu saja memiliki tugas untuk menjawab kebutuhan masyarakat mengenai harapan kehidupan yang lebih baik di masa depan, tetapi perlu diperhatikan kembali terkait kalimat yang digunakan agar tidak terlihat seperti janji manis belaka, Pesan balasan tersebut lebih baik disampaikan mengikuti dengan aspirasi masyarakat dan relevan dengan kondisi yang sedang terjadi.

  3. Komunikasi internal
    Memastikan komunikasi internal berjalan baik dan kondusif. Hal ini salah satu faktor vital dalam menangani komunikasi politik. Selain itu hal tersebut juga menjadi penilaian dalam kredibilitas lembaga terhadap memiliki alur komunikasi internal yang konsisten atau tidak.

  4. Mendekati komunitas
    Hal ini dilakukan sebagai bentuk pendekatan personal dalam strategi komunikasi politik suatu lembaga atau personal.

  5. Informasi dan Media
    Salah satu tugas Public Relations atau humas politik juga harus bisa memastikan informasi yang sampai ke publik tersinkonisasi dengan baik.

Referensi

Tantangan Kehumasan Politik | Humas Indonesia