Apa sih pentingnya diadakan Pemilu di kampus?

Di suatu universitas tentunya memiliki organisasi yang salah satunya Badan Eksekutif Mahasiswa dan Badan Legislatif Mahasiswa. Keduanya memiliki peranan yang berbeda dan bahkan nama yang berbeda di setiap kampus. Biasanya pemilu yang diadakan untuk memilih calon ketua eksekutif atau legislatif di tingkatan univ dan fakultas, dengan rangkaian yang hampir sama dengan pemilu di Indonesia. Menurut Youdics, apakah perlu diadakannya pemilu dalam pemilihan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa dan Badan Legislatif Mahasiswa? Berikan alasan mu!

Saya rasa dengan adanya pemilu yang seperti itu dilingkungan kampus, dapat melatih para mahasiswa untuk belajar berdemokrasi dengan menyampaikan pendapatnya dengan bebas. Seperti dengan memilih kandidat dengan kemauannnya sendiri dan tanpa paksaan. Pemilu dikampus juga dapat melatih masiswa supaya tidak menjadi orang yang golput.

Terlepas dari apapun sistem yang di gunakan dalam pemilu di kampus, selama masih ada organisasi maka masih diperlukan mekanisme untuk penentuan pemimpin atau siapa yang bertanggung jawab dalam pengambilan. Saya rasa yang kita perlu diskusikan bukan penting tidaknya pemilu di kampus tetapi, mana mekanisme yang paling presisi untuk diaplikasikan. dan perihal kebebasan harusnya mau golput atau tidak ya tidak ada masalah karena tidak memilih juga sebuah pilihan. Dan dalam pemilu setiap pilihan harus atas pilihan diri sendiri bukan atas paksaan orang lain.