Apa sih keratitis acanthamoeba?


Lensa kontak kerap kali digunakan sebagai alternatif bagi Anda yang memiliki gangguan penglihatan tapi tak mau menggunakan kacamata. Bahkan lensa kontak sering dipakai untuk mempercantik penampilan, karena terdapat pilihan warna lensa yang dapat mengubah warna pupil mata. Meski begitu, tahukah Anda jika memakai lensa kontak juga bisa menyebabkan infeksi mata? Ya, faktanya dibalik semua kemudahan dan keindahan yang didapat, ada penyakit yang mengancam kesehatan mata, yaitu keratitis acanthamoeba. Lalu, apa itu penyakit keratitis acanthamoeba?

Penyakit mata keratitis acanthamoeba adalah penyakit mata serius, jarang, dan menyakitkan yang mempengaruhi kornea mata, di bagian mata transparan untuk cahaya masuk.

Acanthamoeba keratitis merupakan infeksi mata yang mempengaruhi kornea. Pengguna lensa kontak (kacamata) beresiko tinggi terinfeksi, meskipun lensa non-kontak juga rentan terhadap penyakit ini.

Penyebab
Penyakit mata keratitis acanthamoeba disebabkan oleh infeksi bakteri amoeba bersel tunggal, yang disebut Acanthamoeba. Infeksi yang berkepanjangan bisa mengakibatkan kebutaan.

Individu yang memakai lensa kontak (kacamata) lebih mungkin terinfeksi parasit ini. Namun tidak terbatas pada orang-orang non kacamata yang menggunakan air keran untuk membersihkan lensa mata mereka – rimbang mata untuk menghilangkan kelilipan.

Bakteri Acanthamoeba ada di mana-mana dan dapat ditemukan di udara, air tawar atau payau, dan tanah. Acanthamoeba juga dapat ditemukan di pemanas / ventilasi / pendingin ruangan (HVAC), sistem pembuangan limbah, dan pendingin udara.