Apa sih hal yang wajib dipersiapkan sebelum liburan ke Jeju buat muslim traveller?

Jeju
Liburan menjadi momen yang paling ditunggu oleh semua orang, tapi ternyata liburan bisa menjadi gak nyaman kalau tanpa persiapan matang apalagi liburan ke tempat yang jauh. Contohnya, liburan ke luar negeri.

Bagi sebagian traveller yang masih jarang bepergian ke luar negeri tentunya tak cuma harus mempersiapkan tiket tapi juga agenda perjalanan dan mempelajari kebudayaan di negara yang dituju. Apalagi bagi traveller muslim, harus benar-benar mempersiapkan konsep halal travel saat liburan ke luar negeri.

Salah satu destinasi wisata yang sedang digandrungi anak muda sekarang adalah Pulau Jeju, Korea Selatan. Beberapa tahun terakhir, Pulau Jeju banyak dikunjungi oleh wisatawan muslim asal Malaysia, Singapura, Pakistan, dan Indonesia.

Nah, buat kamu muslim traveller, supaya perjalananmu tetap nyaman di Jeju, sebelum berangkat pastikan sudah mempersiapkan segalanya, ada yang punya tips?

  • Persiapkan kesehatanmu karena keliling Jeju cukup menguras energi
    Dengan luas area 1,8 kilometer persegi, Pulau Jeju memiliki keindahan alam di setiap sudutnya. Selain itu, sebagai pulau yang terpisah dari daratan negara Korea Selatan, Jeju memiliki ciri yang amat khas serta kisah sejarah yang menarik. Oleh karenanya, ada ratusan tempat wisata yang dibangun di sana sehingga kamu punya banyak pilihan tempat untuk dikunjungi.

Sebelum berangkat, pastikan badanmu fit karena tempat wisata di Pulau Jeju cukup atraktif. Maksudnya, perjalanannya cukup menantang. Contohnya, di Seongsan Ilchulbong kamu perlu mendaki banyak anak tangga untuk bisa menikmati pemandangan indah dari puncaknya.

Atau di Cheonjiyeon waterfall yang meskipun tangga untuk turun ke bawah tidak terlalu jauh tapi tetap saja bisa membuatmu kelelahan kalau tempat wisata yang kamu tuju adalah wisata alam. Belum lagi kalau kamu ingin menjelajahi museum-museum di Jeju, pastinya perlu waktu yang cukup lama untuk dapat menuntaskan keliling satu museum.

Lagipula, pastinya tidak seru dong kalau liburan dalam keadaan tidak enak badan? So, jaga kesehatanmu selalu ya!

  • Perhatikan waktu melaksanakan shalat dan tempatnya
    Asyik liburan, jangan sampai lupa menjalankan kewajiban ya. Tentunya sebelum berangkat liburan jangan cuma fokus bikin itinerary perjalanan tapi juga pastikan waktu shalat di Jeju. Meski jadi hal mendasar, tapi tidak sedikit traveler yang lupa mencari waktu salat.

Gak susah kok untuk menemukannya, kamu tinggal cari saja informasi waktu salat di Jeju melalui internet. Setelah menemukan waktu shalat, carilah tempat-tempat wisata di Jeju yang menyediakan mushala. Semenjak semakin banyak wisatawan dari Malaysia dan Indonesia, pemerintah setempat turut membenahi tempat wisatanya dengan menyediakan tempat ibadah atau prayer room.

Beberapa tempat di Jeju yang menyediakannya di antaranya Jeju Islamic Center di Kota Jeju, Play KPop dan WE Hotel di Seogwipo, serta Ilchul Land di Seogwipo bagian timur. Nah, ketika mencari tempat salat tersebut, kamu bisa tanya ke petugas sekitar dengan menyebut “gido-sil” yang artinya adalah tempat ibadah.

  • Pelajari kata-kata kunci untuk halal travelmu
    Wah, untuk liburan ke tempat baru perlu persiapan yang sangat matang memang, apalagi kalau bahasanya sangat berbeda. Maka, kamu juga harus mempelajari bahasa setempat, dalam hal ini adalah bahasa Korea.

Setidaknya kamu bisa membaca huruf hangul agar tidak tersesat dan kamu tetap bisa melakukan halal travel dengan tenang. Salah satu yang utama adalah memastikan tempat makan yang halal.

Untuk itu, ketahui kata kunci makanan yang tidak mengandung babi maupun alkohol. Bahasa Korea untuk babi adalah “dwaeji” (돼지). Nah, Jeju sendiri sangat terkenal dengan makanan khasnya yang bernama black pork. Dalam bahasa Korea disebut dengan “heukdwaeji” (흑돼지).

Sementara itu, kata lain yang menunjukkan kandungan babi dalam makanan adalah “don” (돈). Contohnya adalah “donkatsu” (돈까스). Untuk bertanya apakah makanan di restoran tersebut mengandung babi, kamu bisa menatakan: “i sikdame dwaejigogi-ga deurogaji anheun eumsigiyeyo?” (이 식당에 돼지고기가 들어가지 않는 음식이 있어요?).

  • Riset dulu tempat-tempat makan halal di Jeju
    Karena sudah banyak wisatawan muslim asal Malaysia, Pakistan, dan Indonesia maka sebenarnya tidak terlalu sulit mencari tempat makan yang menyediakan menu halal di Jeju. Namun, kamu tetap harus melakukan riset secara mendalam, apalagi kalau kamu penasaran dengan tempat makan selain yang direkomendasikan yang ingin kamu coba.

Beruntungnya, Pulau Jeju terkenal dengan makanan seafood-nya sehingga kamu bisa menjadikannya destinasi kuliner di sana. Tapi, tetap harus hati-hati ya. Perhatikan betul apakah tempat makan yang akan kamu tuju itu benar-benar hanya menyediakan menu seafood atau punya menu lain yang mengandung babi.

Atau kamu bisa juga, lho makan di tempat makan khusus menu vegan. Salah satunya adalah Loving Hut yang berada di kawasan Seogwipo.