Apa sih dampak positif belajar bahasa Jerman?

german-flag-map2

Setiap bahasa asing dalam hal ini bahasa jerman pastinya memiliki dampak positif atau daya tarik tersendiri sehingga banyak orang yang ingin mempelajarinya. Apalagi, kini bahasa Jerman adalah bahasa yang banyak digunakan di Eropa dan Jerman juga memegang peranan penting dalam Uni Eropa. Menurut teman-teman ada tidak dampak positif belajar bahasa Jerman? kalau ada sebutkan dan sertakan alasannya juga ya!.

1 Like

Bahasa Jerman adalah bahasa yang penting dalam komunikasi internasional. Bahasa Jerman tidak hanya merupakan bahasa ibu di negara Jerman, tetapi bahasa Jerman juga merupakan bahasa ibu di negara Austria dan sebagian negara Swiss. Hal ini menempatkan bahasa Jerman diantara 12 bahasa yang paling umum dipakai di dunia. Bahasa Jerman menempati kedudukan kuat dalam ilmu pengetahuan dan sastra. Jerman sebagai bahasa pengetahuan dan teknologi memiliki peranan penting dalam penelitian dan pendidikan. Kedudukan bahasa Jerman dalam dunia pendidikan inilah yang membuat bahasa Jerman dipelajari juga di Indonesia.

Dalam pembelajaran bahasa Jerman ada empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu mendengarkan (hören), berbicara (sprechen), membaca (lesen), dan menulis (schreiben).

Kosakata dalam bahasa Jerman dikelompokkan menjadi 10 jenis kata. Semua jenis kata dalam bahasa Jerman menempati posisi yang penting dalam sebuah kalimat. Salah satu jenis kata dalam bahasa Jerman adalah kata benda (Nomen). Setiap kata benda dalam bahasa Jerman memiliki kata sandang, yang dalam bahasa Jerman disebut der Artikel. Artikel dalam bahasa Jerman menempati posisi yang penting karena Artikel merupakan penunjuk jender kata benda. Setiap kata dalam bahasa Jerman memiliki Artikel. Artikel memiliki bentuk tunggal (Singular) dan jamak (Plural). Bentuk tunggal terdiri dari der untuk Maskulin, das untuk Neutral dan die untuk Feminin, sedangkan bentuk jamak hanya memiliki satu bentuk yaitu die. Tidak ada kriteria atau ciri khusus dalam menentukan Artikel suatu kata benda bahasa Jerman.

Tentu kita semua percaya bahwa sesuatu yang kita pelajari akan menuaikan manfaat- manfaat tersendiri yang positif. Begitu juga dalam mempelajari bahasa Jerman, dimana kita akan menemukan beberapa manfaat yang luar biasa, diantaranya adalah :

1. MENAMBAH WAWASAN LUAS SEPUTAR JERMAN.
Tentu saja ketika kita mempelajari suatu bahasa, maka secara tidak sengaja bahwa kita telah membuka diri kepada dunia yang sangat luas. Sebagai contohnya belajar bahasa Jerman, dengan mempelajari bahasa tersebut otomatis kita secara tidak sadar kita telah menambah wawasan seputar negaranya, gaya bahasanya, watak, karakter bahasa orang pribumi, dan bahkan budayanya.
Selain itu, manfaat yang akan kita dapatkan ketika belajar bahasa ini adalah dimana banyak naskah- naskah kuno atau klasik masih banyak bertebaran dinegara itu.

2. KULIAH DINEGARA JERMAN.
Sahabat Juraganesian, sangat banyak orang Indonesia bahkan dari berbagai negara yang memiliki impian untuk dapat melanjutkan sekolah atau kuliahnya dinegara yang beribukota Berlin tersebut. Akan tetapi sebelum anda melangkah kesana, ada baiknya anda dapat mempersiapkan keahlian bahasa terlebih dahulu.
Hampir diseluruh universitas dinegara itu menuntut akan kualitas bahasa Jerman seorang calon mahasiswa internasional dari berbagai negara. Meskipun ada juga beberapa universitas yang menyediakan kelas kursus untuk pelajar internasional.

3. PAHAM TENTANG SENI DAN BUDAYA NEGARA JERMAN.
Ketika kita mempelajari bahasa Jerman adalah salah satunya kita akan terbiasa untuk mencintai bahasanya hingga seni dan budayanya. Jika kita mempelajari bahasa tersebut maka kita akan terkena efek samping yang tidak dapat disembuhkan yaitu “demam Jerman” . Meskipun kita belum pernah ke Jerman sekalipun.
Selain itu, dengan bahasa tersebut kita dapat mempelajari lebih dalam mengenai kultur budaya Jerman dimulai dari cara hidup (lifestyle), karakter suku Jerman, cara berpakaian orang setempat, cara makan warganya (table manner), dan lain- lain sebagainya.

4. SEBAGAI KOMUNIKASI PERDAGANGAN INTERNASIONAL.
Sebagai informasi yang sangat berguna bahwa negara Jerman merupakan salah satu negara eksportir terbesar di dunia saat ini. Dibuktikan pada tahun dekade lalu, yang mana Jerman berada pada peringkat ketiga atau tiga besar negara eksportir dunia.
Namun, pada dekade kali ini 2016-2017 negara yang memiliki ibukota Berlin tersebut menunjukkan taringnya dalam perdagangang dunia, dimana negara ini naik menjadi negara eksportir terbesar kedua setelah china dan mengalahkan Amerika Serikat.