Apa sih bedanya caisim, kailan, dan pakcoy?

Bagi kalian pencinta sayur pasti pernah dong makan sawi? Tapi yang kalian makan itu caisim, kailan atau pakcoy ya?

Caisim termasuk jenis tanaman sayuran daun dan tergolong ke dalam tanaman semusim (berumur pendek). Struktur daun caisim halus dan tidak berbulu, tidak mampu membentuk krop (telur). Tangkai daunnya panjang, langsing, berwarna putih kehijauan. Daunnya lebar memanjang, tipis dan berwarna hijau. Rasanya yang renyah, segar, dengan sedikit rasa pahit. Pelepah daun caisim tersusun saling membungkus dengan pelepah daun yang lebih muda, dan memiliki tulang daun yang menyirip dan bercabang-cabang.

Kailan (Chinese Broccoli) adalah sayuran yang berdaun serta batang yang datar dan tebal, mengkilap, berwarna hijau, dan mempunyai sejumlah kecil kepala bunga berukuran kecil (biasa ditemukan di pasar tradisional, jika di supermarket biasanya sudah tidak ada bunganya/ sudah bersih). Kailan sering digunakan dalam masakan oriental.

Pakcoy (Chinese Cabbage) adalah sayuran yang sekilas mirip sawi hijau (caisim, tosakan). Namun jika diperhatikan lebih detail, tangkai daunnya lebih lebar dan besar dibandingkan sawi hijau. Bentuknya seperti sendok, maka terkadang disebut sawi sendok. Teksturnya sama seperti sawi hanya saja batangnya lebih keras. Rasa kailan lebih pahit dibanding pakcoy. Tekstur kailan lebih mirip seperti asparagus, sementara pakcoy lebih mendekati sawi hijau.

Sumber: